Sabtu, 17 November 2018 01:43 WIB
pmk

Hukum

Empat WNA Penyelundup Sabu 1,3 Ton Diadili Bulan Depan

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Empat tersangka kasus dugaan penyelundupan sabu 1,3 ton sabu melalui kapal Sun Rise Glory akan segera diadili di Pengadilan Negeri Batam, Kepulauan Riau. Keempat tersangka itu adalah Hsieh Lai Fu, 52, Huang Chiang, 48, Chencung Hang, 39, dan Chencien, 52. 

"Awal bulan depan akan dilimpah," ungkap Direktur Narkotika Kejaksaan Agung, Dedy Siswadi saat ditemui di kantornya, Jumat (29/6). 

Menurutnya, tim jaksa penuntut umum (JPU) saat ini tengah mempersiapkan pelimpahan berkas para tersangka ke pengadilan. Ini setelah berkas perkara tersebut dinyatakan tahap dua, berupa penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik Badan Narkotika Narkotika (BNN) kepada Kejagung. 

"Jadi, setelah tahap dua, sekarang sedang disiapkan untuk pelimpahannya ke pengadilan," ungkap dia. 

Dedy meyakini, bahwa keempat tersangka yang akan diadili tidak akan lolos dari jeratan hukuman. Sebab pihaknya telah mengantongi cukup bukti untuk menuntut mereka di pengadilan. 

"Kita buktikan di pengadilan, perannya dia seperti apa, apakah dia bandar, kurir, tapi kalau dia masuk dalam jaringan mafia internasional narkoba ya tidak bisa lolos," tegasnya meyakinkan.

Tak tanggung-tanggung, pihaknya telah menuntut hukuman mati kepada para tersangka yang merupakan warga negara (WN) Taiwan. 

Tuntutan ini sekaligus mementahkan pengakuan para tersangka yang hanya sebagai kurir bukan bandar narkoba. 

"Ya boleh saja, kita buktikan dulu. Apa mereka ada hubungan dengan bandarnya di Cina. Dari BNN sudah berkoordinasi dengan polisi di Taiwan, ternyata ada bandarnya yang menyuplai sabu," jelas Dedy. 

Atas dasar itu, jaksa pun akan mendakwa keempat tersangka itu dengan Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 112  ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU Narkotika. Ancaman hukumannya adalah hukuman mati. (ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #wna-penyelundup-sabu #direktur-narkotika-kejaksaan-agung #dedy-siswadi 

Berita Terkait

IKLAN