Kamis, 20 September 2018 03:57 WIB
pmk

Politik

Quick Count Pilkada Gambarkan Kuatnya Jokowi di Pilpres

Redaktur: Redjo Prahananda

Presiden Joko Widodo.

INDOPOS.CO.ID - Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah di 171 daerah se-Tanah Air telah rampung. Kendati hasil resmi dari KPU bersangkutan belum muncul, namun quickcount Pilkada 2018 telah jadi tolak acuan perhitungan suara. Walhasil, kekuatan suara tiap paslon terpetakan dengan jelas.

Pemetaan suara yang didapat tiap calon kepala daerah dapat menjadi gambaran pada Pilpres 2019 mendatang. Itu diklaim oleh Peneliti Litbang Kompas Yohan Wahyu di Jakarta pada Sabtu (30/6). Menurutnya, hasil hitung cepat atau quick count Pilkada 2018 secara umum menggambarkan kemenangan elektoral Jokowi.

"Kemenangan elektoral masih ke Jokowi. Secara umum, landscape elektoral ini memang memenangkan Jokowi," ungkap Yohan.

Dia mencontohkan pada Pilkada Jawa Timur. Pertarungan antar calon gubernur Khofifah Indar Parawansa dengan Saifullah Yusuf pada dasarnya akan tetap mengarahkan suara ke Jokowi. Yohan menyebutnya Jokowi Final.

"Dari survei 60 persen pemilih Khofifah dan Gus Ipul nantinya bakal memilih Jokowi di pilpres nanti," sambungnya.

Termasuk, lanjut dia pada Pilkada Jawa Tengah. Survei pemilih calon gubernur Ganjar Pranowo dan Sudirman Said sebanyak 60 persen. Disebutkan suara tersebut pun akan condong kepada Jokowi.

"Bedanya itu di Jawa Barat. Pemilih Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar terbelah. Yang condong (Jokowi) ya pemilihnya Hasanudin," tutupnya. (asp)


TOPIK BERITA TERKAIT: #quick-count #pilkada-serentak-2018 #mengawal-pilkada-bersih #presiden-jokowi #pilpres-2019 

Berita Terkait

IKLAN