Minggu, 23 September 2018 12:42 WIB
pmk

Indobisnis

Menteri BUMN Beri Perhatian ke Petani Kopi

Redaktur: Ali Rahman

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Rini M Soemarno memberikan perhatian ke petani kopi. Itu disampaikannya saat Rini melakukan kunjungan kerja ke perkebunan kopi Gunung Gumitir, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (1/7).

INDOPOS.CO.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Rini M Soemarno memberikan perhatian ke petani kopi. Itu disampaikannya saat Rini melakukan kunjungan kerja ke perkebunan kopi Gunung Gumitir, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (1/7).

Salah satunya mengenai penyaluran 1.577 Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Kemitraan yang merupakan dukungan dari PT BNI (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara XII sebagai sinergitas BUMN. Menurutnya itu sangat baik untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menyikapi hal itu, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI, Catur Budi Harto mengatakan, program tersebut dilakukan memang untuk mendukung peningkatan kesejahteraan petani kopi di daerah Jawa Timur. “KUR itu sudah disalurkan pada Maret hingga April 2018. Tepatnya sebulan setelah program kemitraan petani kopi PT Perkebunan Nusantara XII dengan BNI diluncurkan,” ujar Catur kepada INDOPOS melalui pesan tertulis, Minggu (1/7).

Saat itu, kata Catur, sebanyak 559 petani kopi rakyat mendapatkan kucuran KUR dari BNI sebesar Rp 5,2 miliar. Target dari BNI, penerima bantuan itu mendapatkan bimbingan agar dapat naik kelas sehingga kembali dapat KUR di periode berikutnya.

Selanjutnya, BNI kembali menyalurkan kredit kemitraan kepada 1.018 petani kopi pada Juni 2018 dengan total anggaran Rp 7,5 miliar. Pembiayaannya dilakukan secara one on one di tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Jember dan Malang.

GM Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI, Bambang Setyatmojo mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi tersebut, pihaknya melakukan seleksi para petani untuk diikutkan pelatihan dan sertifikasi menjadi Barista. “Pada pelatihan itu, para petani diajarkan cara membudidaya kopi agar lebih produktif dan unggul, memberikan pelatihan teknik panen, petik, dan pengolahan kopi yang baik, serta menciptakan petani kopi rakyat menjadi barista,” jelasnya.

Intinya, BNI masuk melalui program tersebut karena melihat kendala petani kopi rakyat untuk mendapatkan dukungan pembiayaan, akses pasar dan akses mendapatkan pelatihan budidaya kopi yang baik. (iwk)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bank-bni #meneg-bumn-rini-m-soemarno #petani-kopi 

Berita Terkait

BNI Bantu Peningkatan Ekspor

Indobisnis

Dukung Ekspor, BNI Salurkan Kredit di Hong Kong

Ekonomi

Petani Garam NTT Terima KUR

Nusantara

Ini Cara BNI Bantu Korban Gempa Lombok

Nusantara

BNI Kucurkan Kredit untuk Perusahaan di Amerika

Indobisnis

IKLAN