Senin, 24 September 2018 01:19 WIB
pmk

Kesehatan

Masker Alami Atasi Rambut Lepek

Redaktur: Purwoko

Rambut lepek bisa diatasi dengan masker buatan di rumah. (Istimewa)

INDOPOS.CO.ID - Rambut yang basah akibat terkena air hujan, dapat menimbulkan masalah seperti lembab dan kusam. Bahkan produk perawatan rambut tak mampu mengatasi persoalan rambut lepek dan lembab tersebut.

Dilansir dari Health Site, Senin (2/6), Direktur ahli bedah laser, dr. Apratim Goel, mengungkapkan ada langkah aman dan efektif mengembalikan tekstur rambut halus. Tanpa harus menggunakan bahan kimia, kaum hawa bisa mengusir rambut lepek dengan bahan alami untuk masker rambut.

"Masker alami yang menggunakan bahan-bahan buatan sendiri bisa menjadi ide yang bagus untuk digunakan di musim hujan untuk perawatan rambut Anda dan terutama untuk mengurangi lembab," kata dr. Goel.

Lalu apa saja bahan alami tersebut? Berikut ulasannya.

Langkah pertama yakni masker pisang. Protein yang terkandung dalam buah tersebut mampu melembabkan dan melembutkan rambut kering. Sehingga, pisang berfungsi mencegah kerusakan rambut dari air hujan. Caranya lembutkan satu pisang, satu telur, dan tambahkan sedikit minyak zaitun jika Anda suka. Ratakan ke seluruh rambut. Biarkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan sampo. Ini bekerja dengan baik dalam melawan keringat penyebab lepek di musim hujan.

Berikutnya, Masker Fenugreek (biji methi). Ramuan ajaib ini, juga efekif menangani banyak masalah rambut. Rendam biji methi semalam dalam air. Saring air keesokan paginya dan gunakan untuk membilas rambut untuk mengatasi semua jenis masalah rambut seperti ketombe dan rambut kusam.

Selanjutnya, Masker Yoghurt. Bahan ini bisa menjaga kesehatan rambut. Cukup campur dua sendok makan yogurt dengan satu telur. Lalu gunakan sebagai conditioner saat keramas. Biarkan campuran di kepala Anda selama 20-30 menit dan bersihkan. Ini membuat rambut menjadi lembut, berkilau dan melenting.

Selaim itu, Masker Madu. Campur minyak almond atau minyak kelapa dengan 4 sendok makan madu dalam satu wadah. Hangatkan sedikit dan kemudian oleskan campuran secara merata melalui rambut Anda. Biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan sampo. Maka rambut akan terasa mudah diatur dan memiliki tekstur lembut.

Kemudian, Masker Cuka Sari Apel. Masker rambut ini membantu merapikan kutikula rambut. Campurkan satu sendok makan cuka dengan 1/2 gelas air dan aplikasikan ke rambut lepek sebagai masker. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial jika baunya terlalu menyengat. Sisir rambut, biarkan selama lima menit dan kemudian bilas. (mar/jpg)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #rambut-sehat #menjaga-akar-rambut #kesehatan 

Berita Terkait

Lawan Stigma dengan Lari Marathon

Lifestyle

Sunglasses Tangkal Katarak Dini

Kesehatan

Seksi Sixpack Tanpa Sit Up

Kesehatan

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

Lasik, Tindakan Cepat Persiapan Lama

Kesehatan

IKLAN