X CLOSE Laporan Kinerja DKPP
Rabu, 19 Desember 2018 12:49 WIB

Jakarta Raya

Anies Senang BI Permudah DP Rumah

Redaktur:

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

INDOPOS.CO.ID - Keputusan Bank Indonesia (BI) yang melonggarkan Loan to Value (LTV) dan Financing to Value (FTV), disambut gembira Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dengan pelonggaran ini, pembelian rumah pertama bisa dilakukan tanpa uang muka atau down payment. "Kami bersyukur bahwa apa yang menjadi inisiatif di Jakarta, sekarang juga dilaksanakan di level nasional," ujar Anies, Sabtu (30/6).

Anies mengatakan, pembebasan DP merupakan solusi dari masalah yang selama ini dialami masyarakat. Seringkali, masyarakat mampu membayar cicilan rumah per bulan. Namun, tidak mampu membayar uang muka. Hal ini berbeda dengan kendaraan bermotor yang uang mukanya sering diringankan.

Akibatnya, jumlah motor dan mobil menjadi semakin banyak. "Nah, rumah yang merupakan kebutuhan pokok, sandang, pangan, papan, itu kami mudahkan. Jakarta (sudah) mulai dan sekarang nasional mengadopsi, kami apresiasi," katanya. Sebelumnya, Bank Indonesia melalui pelonggaran pengaturan Loan to Value (LTV) dan Financing to Value (FTV) memberi kebebasan kepada perbankan untuk mengatur rasio LTV kedit properti dan pembiayaan properti fasilitas rumah pertama untuk semua tipe. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #anies-baswedan #bank-indonesia #pemprov-dki 

Berita Terkait

Disebut Kota Toleran Rendah, Anies Meradang

Jakarta Raya

Konvoi Kemenangan Persija Kemungkinan Sabtu

Headline

Terbitkan KLJ, KJP Plus, dan KP

Jakarta Raya

Jakarta Siap Menjadi Pusat Kebudayaan Asia

Jakarta Raya

Rumah Aman Tangani Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

Jakarta Raya

IKLAN