Senin, 19 November 2018 06:50 WIB
pmk

Internasional

Penderita Kanker Nekat Berjalan 1.700 kilometer

Redaktur:

TETAP SEMANGAT - Ellil Mathiyan meski menderita kanker siap jalan kaki sejauh sejauh 1.700 kilometerke Gurun Gobi. Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Bagi Ellil Mathiyan setiap melakukan aktivitas di luar rumah, dia selalu memastikan untuk membawa ransel kecil yang berisi beberapa kebutuhan, termasuk sebotol air dan handuk wajah.

Selain itu, dia menyimpan sesuatu yang lebih penting yaitu kantung stoma. Mathiyan adalah seorang penderita kanker rektum, dia harus bergantung pada kantung stoma untuk mengumpulkan tinjanya melalui lubang buatan yang dibuat di perutnya sejak operasi tujuh tahun lalu.

Kanker rektum adalah kanker yang menyerang usus besar yang mengganggu sistem eksresi manusia. Sejak menderita kanker rektum, Mathiyan harus memakai kantung selama sisa hidupnya.

"Saya selalu bisa mencuri beberapa makanan dari yang lain!," ujarnya. Lelaki 59 tahun tersebut kini hidup layaknya orang-orang normal lainnya. Dia bahkan berjalan sejauh 10 kilometer setiap hari, dia masih berenang secara teratur, mengayuh perahu serta ikut serta dalam tari zumba sebagai kegiatan rutinnya sehari-hari.

Menurutnya, orang-orang bahkan tidak percaya saat dirinya memberitahu kepada mereka bahwa dia selalu membawa kantong stoma ke manapun dia pergi. Penyakit yang diderita tidak pernah menjadi halangan untuk lelaki paruh baya tersebut.

Mathiyan bersama 16 rekannya akan melakukan perjalanan bersama sejauh 1.700 kilometer ke Gurun Gobi dalam rangka menggalang dana bagi Singapore Cancer Society, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu, (1/7).

"Ini tentang menantang diri saya sendiri. Saya berusia 60 tahun depan, jadi jika tidak sekarang maka kapan? Saya masih sanggup dan saya bugar. Tentu saja, itu untuk tujuan baik yaitu mengumpulkan uang untuk kanker yang merupakan bagian terpenting dari apa yang saya lakukan," tambah Mathiyan. (trz/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #penderita-kanker 

Berita Terkait

IKLAN