Jumat, 16 November 2018 06:28 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

TV One Laporkan Akun @bola_gila ke Polda

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - PT Lativi Mediakarya selaku manajemen TV One melaporkan akun instagram @bola_gila ke Polda Metro Jaya. Pelapor Marta Uly Roha Manulang selaku kuasa hukum pelapor didampingi Manager Humas TV One, Raldy Doy.

Menurut mereka pemilik akun @bola_gila telah menyebarkan informasi bohong dan fitnah dalam postingannya. Dia menjelaskan, terlapor telah mencatut tayangan program ’Kabar Arena’ dari TV One dengan menyebarkan hoaks kemenangan tim nasional Argentina melawan Perancis dalam pertandingan Piala Dunia 2018.

”Kami melaporkan akun @bola_gila. Sekarang kami menyerahkan kepada kepolisian melakukan proses hukum dan menginvestigasi sampai menemukan pelaku penyebar berita bohong ini,” terang Raldy di Mapolda Metro Jaya, Senin (2/7).

Ia menjelaskan, pada Sabtu (30/6) malam pukul 23.09 pelaku membuat postingan berisi pencatutan gambar program ’Kabar Arena’ dari TV One dengan running text bertuliskan ’Piala Dunia : Argentina menang 4 : 3 atas Perancis.’

Selanjutnya admin @bola_gila menulis caption :  ”kabar baik buat fans Messi dan Timnas Argentina, sebab menurut TV sebelah mereka dinyatakan menang atas Perancis.” Padahal sesuai fakta di lapangan, justru Perancis menang melawan Argentina dengan skor 4-3.

Meski postingan tersebut sudah dihapus, namun hoax campur fitnah ini sudah telanjur menyebar luas dan merusak nama baik TV One.”Yang dilakukan pelaku adalah berita bohong yang dipublish di media sosial. Postingan pelaku itu sudah sangat merugikan TV One. Karena dampaknya kepercayaan publik kepada TV One akan menurun karena perbuatan pelaku,” papar Raldy.

Ia menegaskan, pada Sabtu (30/6) pukul 23.09 dimana saat itu pelaku membuat postingan, TV One justru tidak menayangkan program Kabar Arena atau Kabar Bola, yang ada saat adalah tayangan ’One Pride MMA’. Bukan hanya itu, pada Minggu (1/7) dini hari atau malam harinya pihaknya pun tidak menayangkan Kabar Arena.

Dalam surat laporan bernomor LP/3427/VII/2018/PMJ/Ditreskrimsus, pelaku yang masih dalam penyelidikan diduga telah melanggar Pasal 35 juncto pasal 27 ayat (3) dan Pasal 36 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tv-one #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN