Sabtu, 22 September 2018 12:35 WIB
pmk

Megapolitan

21 Wanita Terdeteksi Kanker Serviks, Pemkot Bekasi Jamin Biaya Pengobatan Pemegang KS NIK

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Puluhan perempuan di Kota Bekasi terindikasi mengidap kanker serviks atau penyakit di bagian mulut rahim. Jumlah itu terlihat usai Dinas Kesehatan Kota Bekasi melakukan pemeriksaan kanker serviks terhadap 4.163 perempuan. Dari sana tercatat ada 21 perempuan yang terindikasi terkena kanker serviks.

”Metode pemeriksaannya mengunakan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) secara gratis di Puskesmas," terang Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dineks) Kota Bekasi, Dezi Syukrawati.

Oleh karenanya, kata Dezi, petugas menyarankan untuk semua penderitanya agar melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit. Upaya itu dilakukan agar si penderita bisa mendapat penanganan lebih serius.

Sejauh ini kata Dezi, kanker Serviks bisa diobati dengan cara melakukan operasi bilamana hasil diagnosa dilakukan pada tahap awal. Namun pada kondisi yang lebih serius, rahim perlu diangkat seluruhnya yang disebut histerektomi. "Namun ada beberapa kasus, hanya serviks yang diangkat dan rahim bisa dibiarkan saja," ujar Dezi.

Sejauh ini, kata Dezi juga, semua perempuan berisiko mengidap kanker serviks, terutama perempuan yang aktif secara seksual. Gejalanya beragam misalnya, pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks di luar masa menstruasi atau setelah menopause, mengeluarkan cairan tanpa berhenti dari vagina dengan bau yang aneh atau berbeda dari biasanya, berwarna merah muda, pucat, cokelat, atau mengandung darah.

Dari situ, perempuan cenderung mengalami sakit saat berhubungan seksual. Ditambah lagi adanya perubahan siklus menstruasi tanpa diketahui penyebabnya, misalnya menstruasi yang lebih dari tujuh hari untuk 3 bulan atau lebih, atau pendarahan dalam jumlah yang sangat banyak.

Karena itu, Dezi menyarankan kepada perempuan yang aktif secara seksual dan berusia 25-49 tahun supaya diperiksa setiap tiga tahun sekali. Sedangkan wanita berusia 50 sampai 64 tahun dapat diperiksa setiap lima tahun sekali.

”Penyakit ini disebabkan oleh Human Papillomavirus atau HPV dan yang paling berbahaya adalah HPV 16 dan HPV 18. Kedua jenis virus ini yang menyebabkan 70 persen kasus kanker serviks,” paparnya juga.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Kota Bekasi Tanti Rohilawati berharap agar masyarakat melakukan vaksinasi HPV rutin guna menekan potensi kanker serviks. Saat ini pemerintah belum melakukan imunisasi HPV secara massal, karena belum mendapat instruksi dari Kementerian Kesehatan.

Bahkan, kata dia, bagi mereka yang sudah mengidap penyakit ini pada tingkat awal, sebaiknya mengobati penyakit tersebut ke rumah sakit. Soal biaya, kata dia, masyarakat Kota Bekasi tidak perlu risau karena pemerintah telah memiliki jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) berupa Kartu Sehat Berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS NIK).

Alokasi dana yang disiapkan mencapai Rp 150 miliar pada APBD 2018. Rinciannya Rp 50 miliar disimpan di RSUD Kota Bekasi, sedangkan sisanya disiapkan untuk seluruh rumah sakit swasta di Kota Bekasi, DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Tangerang.

”Saat ini sudah ada 56 fasilitas kesehatan yang menjadi rekanan KS NIK di lima wilayah tersebut. Jadi kalau warga Kota Bekasi pemegang KS NIK bisa berobat ke rumah sakit itu,” tandasnya. (dny)

Waspadai Indikasi Awal Kanker Serviks;

1. ÊKeluar bercak darah pada vagina

       Gejala kanker serviks bisa Anda curigai bila tiba-tiba keluar darah atau bercak darah dari vagina, padahal saat itu Anda sedang tidak haid. Anda boleh khawatir, karena itu indikasi awal kanker serviks.

2. Panggul terasa sakit

       Apakah Anda merasakan sakit atau nyeri di area panggul? Jika iya, jangan anggap remeh. Ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri kanker serviks yang harus diamati jika Anda mulai merasakannya.

3. Keputihan yang tidak normal

       Faktanya, keputihan adalah hal yang normal dan pasti dihasilkan vagina pada setiap wanita, kecuali bila mengalami suatu kondisi kesehatan tertentu. Namun, ada kalanyaÊkeputihanÊyang dikeluarkan miss V itu tidak normal dan menunjukkan suatu gejala kanker serviks.

4. BAB sering tidak teratur

       Perubahan jadwal BAB yang tidak teratur, bisa menjadi gejala suatu penyakit, termasuk gejala kanker serviks. Perhatikan, apakah Anda belakangan ini menjadi sulit BAB. Pasalnya, kondisi ini mungkin saja menandakan kalau Anda mengalami kanker serviks.

5. Tubuh gampang capek

       Gejala kanker serviks sering ditandai dengan kelelahan. Kelelahan ini terjadi akibat sel-sel kanker yang mulai tumbuh sedikit demi sedikit mengambil energi dan cadangan makanan tubuh Anda hingga akhirnya cepat lelah.


TOPIK BERITA TERKAIT: #kanker-serviks #kesehatan 

Berita Terkait

Sunglasses Tangkal Katarak Dini

Kesehatan

Seksi Sixpack Tanpa Sit Up

Kesehatan

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

Lasik, Tindakan Cepat Persiapan Lama

Kesehatan

Mengetahui Manfaat Daun Kelor

Kesehatan

IKLAN