Jumat, 21 September 2018 01:37 WIB
pmk

Total Football

Hilang 10 Hari di Gua, Tim Sepakbola Muda Selamat

Redaktur:

Foto: twitter/thaiarmy

INDOPOS.CO.ID - Duka mendalam nyaris menimpa warga Thailand, khususnya para pecinta sepakbola. Ini karena tim sepakbola muda negeri gajah putih itu hilang dalam sebuah acara penjelajahan gua. Mereka hilang selama 10 hari dan ajaibnya mereka semua selamat.

Menurut informasi yang dilansir akun medsos resmi Royal Thai Navy Seals, ada 12 anak laki-laki yang tergabung dalam sepakbola muda Thailand melakukan penjelajahan Gua Tham Luang. Mereka ditemani pelatihnya. Setelah dikabarkan hilang, maka dilakukan pencarian besar-besaran. Menurut laporan Bangkok Post, pada Senin (2/7) malam, semuanya ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim penjelajah sekaligus penyelam dari Inggris.

Saat ditemukan, anggota tim sepakbola muda itu sebagian besar duduk dan dengan kaos bola longgar selutut. Begitu tim penyelamat dating, kalimat pertama mereka adalah meminta makanan. "Kapan kita akan keluar?". Lalu sang penyelam menjawab, "Secepatnya. Banyak, banyak orang datang," kata penyelam dari Inggris tersebut.

"Kami adalah yang pertama. Jangan khawatir sekarang" ujarnya. "Terima kasih!", salah satu dari mereka berkata, sementara yang lain berteriak "13", ketika ditanya oleh penyelam Inggris berapa banyak mereka.

Salah satu penyelam Inggris yang menemukan kelompok itu hanya menjawab, "Brilian!". Para penyelam nampak menyemangati mereka. “Kalian telah berada di sini selama 10 hari, Anda sangat kuat," kata salah seorang penyelam memberi tahu anak-anak itu.
Seorang anak tampak membungkuk mengucapkan rasa syukur dan mengatakan terima kasih saat suaranya terputus-putus.

Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osotthanakorn mengatakan, mereka ditemukan di daerah dekat Pantai Pattaya dan tim penyelamat Senin malam membawa mereka keluar dari gua.

"Kami membawakan makanan kepada mereka dan seorang dokter yang bisa menyelam. Saya tidak yakin mereka bisa makan karena mereka belum makan untuk sementara waktu," ujar salah seorang penyelam.

Penyelam menemukan tim sepakbola muda setelah memperbesar lorong sempit yang terendam yang terlalu kecil untuk mereka lalui saat mengenakan tank udara. Sebelumnya, tim penyelamat telah menggunakan pompa besar untuk mengurangi ketinggian air, dan penyelam telah menempatkan tali pemandu dan tangki udara di sepanjang rute untuk mencapai lokasi anak-anak yang terperangkap.

"Ketika petugas medis telah mengevaluasi anak-anak untuk melihat apakah kesehatan mereka dalam kondisi baik, kami akan merawat mereka sampai mereka memiliki kekuatan yang cukup untuk bergerak sendiri. Kemudian kami akan mengevaluasi situasi untuk membawa mereka keluar lagi nanti," kata Narongsak.

Aisha Wiboonrungrueng, ibu dari salah satu anak laki-laki, Chanin Wiboonrungrueng, 11 tahun, tersenyum dan memeluk keluarganya. Dia mengatakan, dia akan memasakan anaknya omelet goreng Thailand, makanan favoritnya, ketika dia pulang ke rumah. Tim tersebut telah terperangkap di dalam gua di distrik Mae Sai, Chiang Rai, sejak 23 Juni. (*)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #thailand #timbolamudathailand #narongsak #pelajar-thailand-hilang-di-gua 

Berita Terkait

IKLAN