Minggu, 23 September 2018 04:04 WIB
pmk

Internasional

Pria Usia 41 Tahun Nikahi Anak Belia

Redaktur:

DIKECAM-Masyarakat Malaysia mengutuk keras pernikahan antara seorang anak berusia 11 tahun dan pria dewasa 41 tahun. Foto Net

INDOPOS.CO.ID - Masyarakat Malaysia mengecam keras pernikahan antara seorang anak berusia 11 tahun dan pria dewasa 41 tahun. Seperti dilansir Free Malaysia Today pada Minggu, (1/7), penyelidikan awal terhadap pernikahan dinia itu dilakukan karena foto yang beredar melalui Facebook.

Nahasnya, pernikahan tersebut dilakukan dengan persetujuan orangtuanya si gadis kecil. Dalam sebuah pernyataan, Women, Family and Community Development Ministry mengatakan, sebuah aplikasi diajukan untuk mendaftarkan pernikahan yang akan diresmikan di Golok, Thailand.

Pemeriksaan kementerian juga menemukan bahwa orangtua gadis itu berasal dari Thailand selatan. "Kesepakatan antara orangtua gadis kecil itu dan suaminya adalah bahwa dia hanya akan tinggal bersama suaminya setelah dia berusia 16 tahun," katanya.

Laporan sebelumnya mengatakan, pernikahan itu terjadi di Gua Musang. "Sampai saat ini, tidak ada catatan di pengadilan atau Kantor Keagamaan Gua Musang yang mengizinkan pernikahan itu," kata kementerian itu.

Di Malaysia seorang gadis di bawah usia 16 tahun harus mendapatkan persetujuan tertulis untuk menikah dari pengadilan syariah. Pelanggar dapat dijatuhi hukuman penjara enam bulan, denda RM 1.000.

Kementerian juga mengumumkan gugus tugas khusus yang akan dibentuk oleh Dewan Nasional untuk Anak dan Kesejahteraan Anak, yang terdiri dari lembaga pemerintah, akademisi, dan aktivis anak. Ini untuk melihat masalah pernikahan di bawah umur. (ina/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pernikahan-dini 

Berita Terkait

IKLAN