Rabu, 26 September 2018 12:31 WIB
pmk

Nusantara

Ngabalin: Pemerintah Atur Ulang Aturan Keselamatan Transportasi

Redaktur: Ali Rahman

Ali Muchtar Ngabalin bersama Kalpolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Ali Muchtar Ngabalin untuk INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Tiga kecelakaan kapal dalam tiga pekan belakangan ini, membuat Pemerintah mengambil langkah segera mengatur ulang perangkat hukum bagi keselamatan transportasi. Presiden Joko Widodo akan menggelar rapat terbatas (ratas) guna membahas persoalan ini.

“Pemerintah berduka dan prihatin atas kejadian yang beruntun ini. Tentu, Pemerintah akan mengambil sikap tegas dan segera untuk mengatasi dan mencegah hal yang sama terulang kembali,” kata juru bicara Istana, Dr Ali Muchtar Ngabalin, kepada INDOPOS, di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Selasa (3/7).

Dikatakan, Presiden Joko Widodo saat ini tengah melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Riau, hingga 9 Mei 2018 mendatang. Setelah berada di Jakarta, Presiden langsung menggelar ratas.

Menurut Ngabalin, Pemerintah akan meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan transportasi massal. Targetnya, taka da lagi praktik nakal pemilik sarana transportasi yang membawa penumpang melebihi kapasitas. Begitu juga terhadap alat transportasinya sendiri, menurut Ngabalin, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, akan membatasi dan mengawasi bagi yang tidak layak operasi.

“Kalau tidak layak beroperasi, tidak boleh beroperasi. Jika tetap beroperasi, maka ada tindakan tegas,” kata Ngabalin. (esa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kapal-tenggelam #selayar #ali-mochtar-ngabalin #aturan-keselamatan-transportasi 

Berita Terkait

IKLAN