Senin, 19 November 2018 08:44 WIB
pmk

Internasional

Ratusan Warga Palestina Unjuk Rasa Tolak Kesepakatan Damai Buatan AS

Redaktur: Novita Amelilawaty

UNJUK RASA-Warga Palestina tolak kesepakatan damai dari AS. Foto DOK JPC

INDOPOS.CO.ID - Ratusan warga Palestina berunjuk rasa di Ramallah, Tepi Barat pada Senin untuk menentang kesepakatan damai antara Israel dan Palestina yang dirancang oleh Amerika Serikat (AS). Seorang anggota dewan pusat Fatah, Dalal Salama menyatakan, warga Palestina bersatu menentang kesepakatan damai tersebut sebab diusulkan oleh AS.

Sementara AS selalu mendukung Israel dan tak peduli dengan Palestina. Para pengunjuk rasa melambaikan spanduk yang menolak kesepakatan yang diusulkan. Mereka juga membakar foto Presiden AS Donald Trump.

"Unjuk rasa itu adalah pesan bagi pemerintah AS dan pemerintah Israel bahwa rakyat Palestina bersikeras untuk menyelesaikan konflik sesuai dengan resolusi PBB yang relevan dan menolak untuk mengorbankan hak-hak mereka," jelas Salama seperti dilansir Anadolu, Selasa, (3/7) waktu setempat.

Ia menegaskan kembali komitmen rakyat Palestina untuk mendirikan negara Palestina dengan menjadikan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Selama ini warga Palestina memandang Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan mereka yang abadi.

Namun AS dengan kejam dan tak berperasaan malah mengklaim seluruh Yerusalem merupakan milik Israel. Bahkan memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem.

Pekan lalu, penasihat senior sekaligus menantu Trump, Jared Kushner menyebutkan detail dari kesepakatan yang diusulkan akan segera diumumkan. Kushner baru-baru ini mengunjungi Israel dengan utusan perdamaian AS Jason Greenblatt untuk menggelar perundingan di Mesir, Arab Saudi, Yordania, Qatar, dan Israel demi mempromosikan kesepakatan damai yang AS buat untuk Israel-Palestina. (met/JPC)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #warga-palestina-unjuk-rasa #tolak-kesepakatan-damai 

Berita Terkait

IKLAN