Rabu, 19 September 2018 11:57 WIB
pmk

Hukum

Kronologi Penangkapan 2 Kepala Daerah di Aceh

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto konferensi pers KPK soal OTT KPK di Aceh (Foto: Ismail Pohan/INDOPOS)

INDOPOS.CO.ID - KPK menetapkan Gubernur Aceh Irmandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi sebagai tersangka dugaan suap alokasi dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengungkapkan, operasi senyap berlangsung sejak Selasa (3/7) siang, setelah tim mengidentifikasi transaksi penyerahan uang sebesar Rp 500 juta. Muyasir menyerahkan uang tersebut kepada Fadil di teras Hotel di Banda Aceh.

Diduga, setelah itu Fadil menyetorkan dana tersebut ke beberapa rekening Bank BCA dan Mandiri sebesar masing-masing sekitar Rp 50 juta, Rp 190 juta dan Rp 173 juta. “Uang itu diduga digunakan untuk membayar medali dan pakaian di kegiatan Aceh Marathon 2018," ucap Basaria dalam jumpa pers di Gedung KPK Jakarta, Rabu (4/7).

Kemudian tim mengamankan Fadil pukul 17.00 WIB di sebuah kafe di Banda Aceh. Terpisah, KPK menangkap Syaiful Bahri pukul 18.00 WIB dengan memegang uang Rp 50 juta dalam tas tangan. 

Basaria melanjutkan, KPK kemudian mengamankan Hendri Yuzal dan seorang teman di sebuah kafe sekitar pukul 18.30 WIB. "Lalu tim bergerak ke Pendopo Gubernur dan mengamankan Irwandi sekitar pukul 19.00 WIB, " kata dia. “KPK kemudian membawa mereka ke Mapolda Aceh untuk menjalani pemeriksaan awal.”

Sementara , tim KPK lain di Kabupaten Bener Meriah mengamankan Ahmadi pada pukul 19.00 bersama ajudan dan supir di sebuah jalan di Takengon. 

Menjelang tengah malam, sekitar pukul 22.00 WIB, lembaga amtirasuah mengamankan Dailammi dari swasta.“Tim membawa para pihak ke Mapolres Takengon untuk menjalani pemeriksaan awal," pungkas Basaria.

Dalam kasus ini, Irwandi diduga  menerima suap dari Ahmadi sebesar Rp 500 juta dari bagian Rp 1,5 miliar sesuai permintaan Irwandi terkait fee ijon dari dana DOKA tahun 2018. 

(jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ott-kpk-gubernur-aceh #ott-kpk-aceh 

Berita Terkait

IKLAN