Minggu, 23 September 2018 02:00 WIB
pmk

Kesehatan

3 Pengobatan Alami Rambut Pria yang Bermasalah

Redaktur:

Ilustrasi. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Tidak hanya perempuan, kaum Adam juga perlu untuk merawat kesehatan kulit dan rambut. Terlebih saat musim hujan atau panas, berbagai masalah kulit sering muncul seperti kulit menjadi lembab dan berkeringat sehingga rentan terhadap infeksi jamur hingga pengelupasan.

Dilansir dari Health Site, Rabu (4/7) pria dan wanita memiliki kondisi kulit yang berbeda, begitupun dengan perawatannya. Menurut Dr Sravya Tipirneni, seorang Ahli Kulit dan Kosmetologi, untuk mengatasi masalah kulit pada pria diperlukan perawatan rutin. Terlebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Dibawah ini terdapat 3 kondisi kulit yang umum diderita pria dan pengobatan alami yang dapat dilakukan. Apa saja itu?

1. Kulit Kepala Mengelupas
Saat musim hujan menyebabkan kondisi lembab pada beberapa bagian tubuh, misalnya kulit kepala. Aatau teriknya sinar matahari juga bisa membuat kulit kepala sensitif.

Kondisi tersebut mendorong pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit kepala sehingga memicu dan memperparah masalah kulit kepala seperti gatal dan pengelupasan. Bahkan, bisa menyebabkan minyak yang berlebih bahkan kerontokan rambut.

Caranya mengatasinya sangat mudah. Cukup keramas yang sering dengan shampoo khusus kulit kepala rontok untuk membantu mempertahankan kulit kepala yang bersih dan menjaga mikro-organisme di akar. Tapi, paling penting adalah untuk mengeringkan rambut. Jangan biarkan rambut lembab lebih lama.

2. Infeksi Jamur
Masalah kulit lainnya sering muncul adalah jamur. Biasanya kalau musim hujan, jamur berkembang biak di area tubuh seperti sela-sela jari kaki, bagian paha, dan ketiak.

Jika menemukan amsalah demikian, jangan biarkan terlalu lama. Usahakan bagian yang terkena selalu tetap kering.

Untuk daerah kaki, usahakan tidak memakai sepatu berbahan plastik, kulit atau kanvas terlalu lama. Ada baiknya kenakan sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

3. Keringat
Pria basanya lebih akrab dengan pria karena aktivitasnya yang melebihi kaum hawa. Ketika keringat bercampur dengan kelembaban, kemungkinan infestasi bakteri atau jamur menjadi cukup tinggi.

"Biang keringat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum selama musim ini. Biang keringat akan hilang dalam beberapa hari kecuali terdapat ruam terinfeksi karena menggaruknya," jelas Dr Sravya. Cara utama yang paling mudah untuk menanganinya adalah dengan mengoleskan lotion biang keringat. Tentunya biasakan ganti baju jika sudah lembab. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rambut-bermasalah 

Berita Terkait

IKLAN