Rabu, 21 November 2018 11:08 WIB
pmk

Internasional

10 Negara Paling Ramah Bagi WNA Pencari Kerja

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Apakah kalian pernah bermimpi pergi dari rutinitas kalian pergi bekerja sekaligus berwisata ke luar negeri tanpa harus ribet mikirin biaya, visa, dan segala perizianan lainnya? Sepertinya mustahil ya?

Tapi...ada beberapa negara yang paling welcome menyambut pendatang dari luar negeri, baik itu yang ingin berwisata, sekadar tinggal sementara atau bahkan bekerja tanpa harus menjadi penduduk tetap. Bahkan, kalau ingin menjadi penduduk tetap (permanent residence) syaratnya pun gampang.

Negara mana sajakah itu? Dilansir dari daily mail, berikut adalah daftar negara-negara tersebut.

1, Meksiko

Gaya hidup di Meksiko lebih santai daripada negara-negara maju lainnya. Tetapi semua fasilitas yang biasa kalian gunakan di tanah air, termasuk internet berkecepatan tinggi, film dan acara televisi terbaru bisa dengan mudah didapatkan. Bahkan, tempat belanja yang nyaman, mewah, wisata kuliner dan hiburan malam terdapat di mana-mana.

Di Meksiko Anda dapat segera mengajukan permohonan visa penduduk permanen, yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa dan membuat kamu bisa bekerja di negara tersebut. Syaratnya pun mudah kok, kamu cukup bekerja dengan gaji yang dianggap cukup untuk hidup dan tinggal di Meksiko. Jika kami bisa bekerja dengan gaji yang cukup (sekitar Rp 10 juta/bulan) maka kami bisa disahkan sebagai penduduk tetap Meksiko. Mudah kan syaratnya?

2. Panama

Panama adalah negara yang menyambut mendeklarasikan sebagai negara yang menyambut para tamunya seperti bagian dari keluarga. Negara ini memiliki bentuk pantai yang bersih dan lembut, tanah pertanian yang kaya, hutan hujan yang lebat, dan pegunungan hijau. Negara ini juga memiliki kota kecil yang nyaman ditambah dengan ibukota Panama City yang modern dan menarik. Dolar AS adalah mata uang resmi Panama.

Ada beberapa opsi fleksibel untuk orang-orang yang ingin tinggal di Panama jangka panjang. Kamu bisa datang melamar pekerjaan di Panama sesuai kehalianmu. Jika sudah diterima bekerja, maka Anda bisa mengajukan diri menjadi penduduk tetap dengan mudah.

Lebih hebatnya lagi, jika kamu ingin pensiun di Panama, kamu hanya perlu menunjukkan pensiun bulanan minimal USD 1.000 untuk menerima visa Pensiun. Jaminan pensiun ini juga berlaku untuk banyak diskon seperti belanja makanan di supermarket, kesehatan, dan restoran.

3. Kosta Rika

Kosta Rika dikenal sebagai negara yang ramah dengan para ekspatriat selama lebih dari 30 tahun. Negara ini juga dikenal dengan gaya hidupnya yang santai dan pemandangan laut yang indah. Pecinta wisata dan olahraga air dari segala jenis akan betah tinggal di Kosta Rika, karena negara ini memiliki jumlah terbesar kedua sungai dan badan air di mana pun di dunia. Bayangkan, hampir semua spesies air ada di sana, termasuk lebih dari 300 spesies burung kolibri!

Kosta Rika adalah tempat yang indah bagi para pensiunan, menawarkan program visa yang menyambut orang-orang tua dengan penghasilan setidaknya USD  1.000 / bulan. Untuk menjadi penduduk tetap, kamu butuh pekerjaan untuk menetap dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untungnya, Kosta Rika memiliki banyak peluang kerja, terutama di sekitar pariwisata dan pengajar bahasa Inggris.

4. Belize

Sungguh nyaman dan tenang jika tinggal dan menetap di Belize. Tidak banyak yang perlu dikhawatirkan, baik soal keamanan dan situasi politiknya. Ini adalah negara di mana kamu dapat menyelam di terumbu karang penghalang ombak dan menjelajahi reruntuhan kebudayaan Maya kuno dalam satu hari. Dengan biaya hidup yang sangat rendah, Belize benar-benar surga bagi para pendatang.

Kamu hanya perlu tinggal di Belize selama setahun sebelum memenuhi syarat untuk tinggal permanen. Yang perlu dilakukan adalah kamu cukup berkiunjung memakai visa pengunjung dan memperbaruinya setiap bulan sampai Anda mencapai 50 minggu berturut-turut di Belize. Maka, kami sah menjadi penduduk tetap. Mudah kan?

5. Roatan

Terletak 35 mil di lepas pantai Honduras, Roatán menawarkan pantai pasir-gula, teluk yang tenang, dan interior pegunungan yang menakjubkan yang sempurna untuk hiking. Infrastrukturnya juga kuat, jadi kamu tidak perlu mengorbankan kenyamanan dan kebiasaanmu di negara asal sehari-hari, seperti internet, film, belanaj, dan hiburan lainnya. Semua tersedia.

Jika kamu hanya ingin tinggal selama 3-4 bulan, visa pengunjung akan cukup. Untuk pensiun di Roatán (atau di mana saja di Honduras), Anda cukup menunjukkan penghasilan USD 1.500 per bulan. Nggak ribet.

6. Svalbard

Svalbard masuk wilayah Norwegia, sebuah kepulauan yang terletak di antara daratan Norwegia dan Kutub Utara. Dengan demikian, daerah ini menjadi cukup ekstrim bagi tunawisma dan penagngguran.

Beruang kutub juga dikenal berkeliaran di sekitar daerah ini, itu sebabnya, penduduk diperbolehjkan memiliki senjata untuk perlindungan. Di musim panas, matahari tidak terbenam selama empat bulan berturut-turut, tetapi di musim dingin, selalu gelap sepanjang waktu.

Itu sebabnya, pendatang dari negara manapun boleh masuk ke Svalbard tanpa harus menggunakan visa. Syaratnya pun mudah, sehat secara fisik dan mental serta tidak menjadi pelaku kriminal di negara asal. Jika kami diterima bekerja di Svalbard, maka kami bisa langsung menjadi penduduk tetap. Sebab, aturam di sini, setiap perusahaan yang memperkerjakan orang lain wajib menuediakan tempat tinggal bagi pekerjanya. Waw...enak sekali!!

7. Nikaragua

Lupakan tentyang apa yang kamu sering dengar tentang berita miring di Nikaragua. Faktanya, Nikaragua adalah tempat tropis yang indah dengan orang-orang ramah yang akan menyambut pendatang. Meskipun ada beberapa hal yang ‘gelap’ dalam sejarahnya, Nikaragua saat ini memiliki tingkat kejahatan terendah di negara Amerika Tengah manapun. Soal keindahan dan keaslian garis pantai. Nikaragua mungkin sulit dikalahkan.

Syarat bagi pendatang untuk program pensiun di Nikaragua sangat rendah, hanya butuh pendapatan USD 600 per bulan. Kamu bahkan tidak perlu secara teknis untuk pensiun, karena Nikaragua mengeluarkan visa pensiun kepada orang-orang dari segala usia yang bekerja sendiri atau memiliki usaha di negara tersebut.

8. Swedia

Swedia adalah pilihan yang bagus jika kamu menekankan pentingnya kualitas hidup dan budaya politik yang progresif. Negara ini disebut sebagai salah satu negara terbaik dan teramah untuk perempuan dan memiliki pandangan paling progresif mengenai kesetaraan gender. Swedia juga memiliki kebijakan imigrasi yang mudah dan murah. Saking mudahnya, 15 persen penduduk Swedia adalah imigran.

Jika kamu datang sekadar untuk berkunjung atau berwisata, Swedia bukan negara yang cocok untuk kamu datangi. Tetapi, jika kamu ingin tinggal menetap dan bekerja, maka Swedia adalah tujuan yang paling cocok. Proses pencarian pekerjaan bagi calon imigran dilakukan secara online.

9.  Kamboja

Meskipun mendalami sejarah berdarah, Kamboja sekarang menjadi salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia. Ini adalah pilihan yang baik untuk orang-orang yang mendambakan perubahan dari cita-cita dunia pertama mereka, karena kebiasaan itu akan sangat baru bagi kebanyakan orang.

Misalnya, orang-orang di Kamboja tidak merayakan ulang tahun mereka, dan banyak orang dewasa bahkan tidak tahu berapa usia mereka. Makanan cepat saji tidak terlalu populer, dan metode perjalanan yang disukai adalah moped.

Untuk tinggal di Kamboja, Anda bisa mendapatkan visa bisnis jangka panjang tanpa perlu disponsori oleh perusahaan lokal. Visa ini dapat diperbarui tanpa batas, tetapi tidak memberikan hak untuk bekerja di perusahaan Kamboja. Anda akan perlu mengajukan permohonan izin kerja untuk mendapatkan pekerjaan di sana, tetapi Anda mungkin menemukan bahwa pemberi kerja lalai tentang memaksa persyaratan itu.

10. Seychelles

Seychelles adalah wilayah kepulauan yang terdiri dari 115 pulau cantik di Samudra Hindia barat. Hampir setengah dari daratan di negara ini dilindungi dan ditetapkan sebagai taman nasional dan cadangan kekayaan  negara. Tetapi masih menyisakan banyak ruang bagi ekspatriat yang menginginkan kehidupan pantai dan banyak keanekaragaman budaya.

Yang kamu perlukan saat tiba di Seychelles adalah paspor. Tidak ada persyaratan visa untuk pindah ke sana. Jika setelah lima tahun tinggal, kamu ingin menjadi penduduk tetap maka cukup ajukan permohonan menjadi warga negara setempat. Bahkan, jika kamu punya modal investasi di atas USD 1 juta, maka proses pengajuan kewarganegaraan akan semakin mudah dan cepat. (*/fol)


TOPIK BERITA TERKAIT: #wna 

Berita Terkait

Dua WNA Spesialis Minimarket Tertangkap

Jakarta Raya

Warga Asing Pantau Enam TPS di Bekasi

Megapolitan

Marah Dengar Tadarusan, WN Prancis Minta Maaf

Megapolitan

Indah, Bule AS Peluk Islam

Nasional

WNA di Ibu Kota Perlu Diawasi Ketat

Nasional

IKLAN