Jumat, 21 September 2018 01:39 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Cavani Cedera, Uruguay Cemas Menanti Kondisi Suarez

Redaktur:

Luis Suarez.

INDOPOS.CO.ID - Belum hilang kecemasan Uruguay mengenai kondisi striker Edinson Cavani yang masih tanda tanya, kini tim polesan Oscar Tabarez tersebut terancam kehilangan satu pilar lagi di lini depan. Ya, Luis Suarez juga cedera.

Jalan striker Barcelona tersebut terlihat pincang saat keluar di sela-sela latihan tim kemarin di Nizhny Novgorod. Dilaporkan Marca, ada sedikit masalah di kaki kanan striker 31 tahun tersebut.

Setelah mendapat perawatan, eks bomber Ajax Amsterdam dan Liverpool itu memang kembali ke lapangan. Namun, Tabarez cemas bahwa kondisi Suarez tidak fit sepenuhnya jelang melawan Prancis di delapan besar (6/7). Bila kedua pemain tersebut absen, maka akan ada ketimpangan yang sangat besar antara daya dobrak Uruguay dan Prancis.

''Kekuatan utama Prancis terletak di barisan penyeranganya, terutama Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe. Jika anda memberi Prancis ruang terlalu banyak, maka bisa menjadi bencana,'' kata Tabarez.

Meski begitu, kans bermain Suarez tetap lebih besar dari Cavani yang positif cedera betis. Striker PSG itu juga sangat mungkin tidak akan dipaksakan Tabarez. Andai bermain, maka bomber 31 tahun tersebut akan tampil sebagai pengganti. Solusi agar cedera minor Suarez tidak memburuk adalah mengistirahatkannya di latihan hari ini.

Maxi Gomez dan Cristhian Stuani sebagai pengganti Cavani-Suarez memang belum memberikan banyak gol bagi La Celeste. Tetapi, performanya di level klub musim lalu bisa dijadikan tolok ukur bahwa keduanya berpotensi mengejutkan.

Gomez yang memperkuat Celta Vigo mencetak 17 gol dan Stuani melesakkan 21 gol bersama Girona. Semuanya ditorehkan di La Liga. Dan, bila Cavani dan Suarez benar-benar absen, maka satu-satunya yang diandalkan Tabarez adalah lini belakangnya. Kapten Diego Godin yang merupakan rekan setim Griezmann di Atletico Madrid bisa jadi nilai plus.

"Kami selalu berpikir untuk tidak membiarkan lawan keleluasaan bergerak. Sebisa mungkin kami akan mencoba striker (Prancis, Red) tidak nyaman. Itu adalah pilihan terbaik (bila Cavani atau Suarez absen, Red)," timpal pemain yang bisa berposisi sebagai bek dan gelandang Diego Laxalt.

Tabarez sadar bahwa jalannya pertandingan hari Jumat akan didominasi Prancis. Dan, dia sudah menyiapkan kejutan seperti saat menang dari Rusia di matchday pemungkas fase grup dan Portugal di 16 besar. Ya, serangan balik mematikan. ''Sangat sering ada keyakinan yang keliru bahwa mendominasi penguasaan bola mengarah ke kian besarnya peluang mencetak gol. Padahal, meski anda tidak memiliki penguasaan bola yang superior, anda masih bisa menimbulkan rasa sakit (bagi lawan, Red)," kata pelatih yang sudah melatih Uruguay sejak 2006 itu. (io)


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-uruguay #perempat-final-piala-dunia-2018 #piala-dunia-2018 #edinson-cavani #luis-suarez 

Berita Terkait

Suarez Ingin Memutus Cemas Kala Hadapi Valladolid

Total Football

Terima Kasih Presiden Vladimir Putin, Spasiba Rusia!

Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2022 Qatar: Ubah Tradisi, FIFA Otoriter

Piala Dunia 2018

IKLAN