Minggu, 23 September 2018 09:47 WIB
pmk

Indobisnis

Pelindo IV Geber Pembangunan Proyek Strategis

Redaktur:

Direksi Pelindo IV saat menghadiri pencatatan penerbitan obligasi I senilai Rp 3 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (5/7).

INDOPOS.CO.ID - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menggeber penyelesaian empat proyek strategis di Kawasan Timur Indonesia. Saat ini BUMN tersebut, mendapatkan dana triliunan rupiah, setelah pada Kamis (5/7) melakukan pencatatan penerbitan obligasi I senilai Rp 3 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam penerbitan obligasi tersebut antusiasme investor melebihi jumlah penawaran (over-subcribed).

"Fokus kami bagaimana supaya konektifitas di Indonesia Timur bisa dilakukan. Karena itu dana obligasi akan digunakan untuk mendanai proyek-proyek yang sudah kami mulai.

Yakni Makassar New Port, Terminal Petikemas Bitung, Kendari New Port, dan Pelabuhan Pantoloan-Palu," ujar Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung, usai acara pencatatan penerbitan obligasi di BEI, Kamis (5/7).

Lebih lanjut ia mengatakan, penerbitan obligasi itu akan mempercepat konektivitas di wilayah timur Indonesia. Sehingga dapat mengatasi disparitas harga. Serta memperlancar kegiatan ekspor impor.

"Selama ini kegiatan ekpor impor semua terpusat di Jakarta dan Surabaya, sehingga padat. Ada dwelling time. Namun sekarang ekspor bisa langsung ke luar negeri dari timur Indonesia. Seperti dari Pelabuhan Makassar, Balikpapan dan juga Papua," jelas Doso.

Sementara itu, Deputi Rekstrukturisasi dan Pengembangan Usaha BUMN Aloysius Kiik Ro, mengapresiasi langkah strategis Pelindo IV mencari sumber-sumber pembiayaan di luar APBN. "Dengan demikian APBN dapat lebih difokuskan untuk membiayai program pemerintah lainnya yang berorientasi kepada kesejahteraan rakyat," pungkasnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pelindo-iv #pembangunan-proyek-strategis #bumn 

Berita Terkait

Hobi Gonta-ganti Direksi BUMN

Headline

IKLAN