Selasa, 25 September 2018 10:44 WIB
pmk

Internasional

Menyelam, Jalan Keluar dari Jebakan Gua Tham Luang di Thailand

Redaktur:

DITEMUKAN-Terjebak di dalam gua, 12 anak laki-laki anggota tim sepakbola muda Thailand segera diselamatkan keluar dari Gua Tham Luang Foto; AFP

INDOPOS.CO.ID - Terjebak di dalam gua, 12 anak laki-laki anggota tim sepakbola muda Thailand segera diselamatkan keluar dari Gua Tham Luang. Namun sayangnya gua tersebut tergenang air, lumpur, dan dan jarak pandangnya buruk.

Anak-anak dalam kondisi lemas dan tidak mampu berenang. Seluruh orang sempat bersuka cita atas berhasilnya ditemukan kedua belas bocah-bocah malang tersebut. Namun masih ada masalah yang harus diatasi.

Ahli Penyelam Gua, Ben Raymenants meletakkan anak-anak tersebut di luar sebuah ruangan yang disebut sebagai Pantai Pattaya. Menurutnya, cuaca adalah faktor penentu mengenai bagaimana strategi yang dilakukan untuk menyelamatkan anak-anak tersebut.

Navy Seals meminta bantuan para penyelam gua dalam misi penyelamatan. Jika operasi pemompaan air yang membanjiri gua sukses, lalu air di dalam gua surut maka jalan alternatif dalam penyelamatan dapat ditemukan seperti dilansir Bangkok Post pada Rabu, (4/7).

Namun, dengan perkiraan hujan lebat yang akan terjadi beberapa hari mendatang membuat pihak berwenang Navy Seals mengeluarkan rencana lain. Pihaknya dan para penyelam ahli gua akan mengajarkan anak-anak berenang hari ini atau esok hari.

Kepala Navy Seal Angkatan Laut, Laksamana Muda Aphakorn Yookangkaew bersumpah untuk membawa kedua belas anak yang terjebak untuk kembali berkumpul dengan keluarga mereka.

Dia mengatakan, mereka akan dibawa keluar ketika mereka secara mental siap dan sehat secara fisik untuk perjalanan pulang. Namun, dengan prakiraan hujan yang lebih lebat selama beberapa hari ke depan, pihak berwenang mengatakan Navy Seals dan ahli menyelam gua akan mulai mengajar anak-anak tersebut bagaimana berenang dan menyelam entah dari hari ini atau besok. Sebab saat ini jalan keluar dari gua hanyalah menyelam di air banjir. (trz/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #thailand #pelajar-thailand-hilang-di-gua 

Berita Terkait

IKLAN