Jumat, 21 September 2018 03:58 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Saves Kaki ala Akinfeev

Redaktur:

Kiper Timnas Rusia, Igor Akinfeev.

INDOPOS.CO.ID - Mengeblok tembakan penalti tak lagi hanya dengan tangan. Begitu di balik delapan saves yang dilakukan empat kiper dalam fase 16 Besar kemarin. Dari delapan saves tiga di antaranya dilakukan dengan kaki! Hanya tiga kiper yang sukses melakukannya, yaitu Kasper Schmeichel (Denmark), Igor Akinfeev dan Danijel Subasic.

Schmeichel saat menggagalkan penalti Milan Badelj sebagai eksekutor pertama Kroasia (2/7). Di laga yang sama, Subasic pun tak ketinggalan saat menghalau penalti kelima Denmark dari Nicolai Jorgensen dengan kaki kanannya. Sementara, penyelamatan dengan kaki Akinfeev lakukan saat menyingkirkan Spanyol, di Luzhniki Stadium, Moskow (1/7).

Dengan kaki kirinya, Akinfeev yang dijuluki Iker Casillas-nya Rusia itu menyelamatkan gawang Sbornaya -julukan Rusia- dari tendangan eksekutor kelima Spanyol, Iago Aspas. Saves dengan kaki ini kali pertama dia lakukan dari enam kali saves penaltinya di timnas. Ternyata di balik suksesnya itu, ada rahasia.

Ya, kiper 32 tahun itu ternyata kerap melatih instingnya berhadapan dengan penalti. Dan, seperti dilaporkan Daily Mail, kapten timnas Rusia dan CSKA Moscow itu lebih sering melatih kedua kakinya untuk mengeblok tendangan penalti. Itu terungkap melalui rekaman video Daily Mail di Novogorsk, Moskow.

Terungkap juga, ada sosok “pelatih” yang kerap memolesnya. Sosok itu bukan Stanislav Cherchesov, tactician Rusia, yang merupakan mantan kiper timnas Rusia. Bukan pula Gintaras Stauce pelatih kiper di jajaran pelatih timnas Rusia. Sosok yang melatihnya adalah rekannya di  timnas Rusia, Artem Dzyuba.

Dzyuba, di dalam menghadapi penalti, punya rekor 100 persen saat bersama Rusia. Dari dua kali selain adu penalti, bomber 29 tahun itu dua kali sukses melakukannya. Satu penaltinya di Kualifikasi Euro 2016 melawan Moldova. Lalu, satu penalti lainnya di laga normal melawan Spanyol.

Selain itu, di timnas Rusia saat ini, bomber Zenit St Petersburg itu masih jadi top scorer-nya Rusia. ''Itu (latihan penalti dengan Dyuba) hanya latihan biasa, bukan bagian dari latihan di saat situasi adu penalti. Karena kami tak pernah melatihnya (latihan khusus penalti),'' klaimnya, dikutip Reuters. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #igor-akinfeev #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN