Sabtu, 17 November 2018 08:24 WIB
pmk

Nusantara

Usut Tuntas Penganiaya Wartawan Peliput Sepakbola

Redaktur:

Koordinator SOS (SaveOurSoccer) Akmal Marhali.

INDOPOS.CO.ID - Koordinator SOS (SaveOurSoccer) Akmal Marhali meminta aparat kepolian mengusut tuntas kasus pemukulan wartawan saat meliput sepakbola. Pasalnya wartawan bekerja di lindungi oleh Undang-Undang. "Kasus ini harus diusut tuntas," ujar Akmal saat dihubungi INDOPOS, Kamis (5/7).

Seperti diketahui, wartawan media online, Oryza A. Wirawan, dikeroyok suporter dan pemain Dharaka Sindo saat meliput Persid Jember vs Dharaka Sindo di stadion Jember Sport Garden. Pengeroyokan terjadi saat Oryza mengambil foto pemain Dharaka Sindo yang memprotes wasit.

Saat mengambil gambar, seorang suporter mendekat dan langsung merangkul serta merampas HP-nya. "Seingat saya tentara, dia merangkul saya sambil ngomong,'kenapa ambil gambar!' Lalu HP saya dirampas," kata Oryza. "Mereka memukuli saya dan menendang. Berlangsung sekitar 3 menit. Saya berusaha melindungi kepala dengan tangan.

Menurut Akmal, tindakan kekerasan terhadap wartawan bertentangan dengan UU No. 40/1999 Tentang Pers, khususnya Pasal 3 Ayat 1, bahwa pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Pasal 4 Ayat 3, bahwa untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi. Pasal 6 butir a, bahwa pers nasional melaksanakan peranannya, memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui.

"Atas tindakan kekerasan terhadap jurnalis SOS SaveOurSoccer mengutuk keras perbuatan tersebut dan meminta PSSI menjatuhkan sanksi berat. Siapapun yang melakukan pelanggaran hukum harus dituntaskan," tegasnya.

SOS menuntut PSSI turun tangan mengusut tuntas kejadian ini. Siapapun pelakunya sekalipun harus dijatuhi hukuman berat. " Ini demi sepakbola profesional dan bermartabat," kata Akmal. (bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kekerasan-terhadap-jurnalis #sepakbola-di-jember #saveoursoccer #akmal-marhali #wartawan-dikeroyok 

Berita Terkait

IKLAN