Selasa, 13 November 2018 12:08 WIB
pmk

Politik

PAN Janji tak Terima Caleg Terpidana Korupsi dan Tolak Mahar

Redaktur: Ali Rahman

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat menyerahkan Pakta Integritas kepada Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (5/7).

INDOPOS.CO.ID - Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan dukungannya atas keberadaan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 20/2018 yang melarang narapidana koruptor menjadi calon legislatif (caleg) untuk Pemilu 2019.

Untuk menciptakan hal itu, Partai besutan Amien Rais ini pun menerapkan 8 poin Pakta Integritas. 

"Kami dukung PKPU (nomor 20/2018). Untuk itu, pada siang ini PAN siap menerapkan delapan poin yang harus dijalankan oleh PAN dalam menciptakan demokrasi yang bersih, jujur dan adil," kata Zulkifli kepada wartawan saat penandatanganan Pakta Integritas di depan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (5/7).

Apa saja delapan poin itu?" Pertama, caleg berkomitmen untuk memegang teguh Pancasila dan UUD 1945. Kedua, memelihara persatuan bangsa. Ketiga, menyuskseskan pemilu 2019 jujur dan  adil. 

Empat, PAN tidak akan meminta imbalan kepada caleg maupun capres (calon presiden). Kelima, tidak mencalonkan caleg terpidana korupsi dan kejahatan lainnya. Keenam, tidak melakukan mlney politik, ketujuh, tidak melakukan suap terhadap penyelenggara negara dan tidak melakukan black campaign," ungkap Zulkifli saat membacakan poin-poin yang ada di dalam Pakta Integritas tersebut. 

Lebih lanjut, Zulkifli turut mengapresiasi pelaksanaan Pilkada 2018 yang berlangsung aman. 

"Alhamdulillah, Pilkada berlangsung aman. Ini menjadi kemenangan demokrasi dan Indonesia. Bahwa ada satu dua catatan (bermasalah) itu biasa. Karena negeri ini amat luas wilayahnya," terangnya menambahkan. 

Selain Zulkifli, hadir pula sejumlah elit PAN, di antaranya Sekjen Eddy Soeparno dan Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto.

Lalu dari Bawaslu yang turut menyaksikan Pakta Integritas itu antara lain, Abhan selaku ketua Bawaslu serta beberapa anggota Bawaslu lainnya, Muhammad Afifudin dan Rahmat Bagdja. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pan #bawaslu-ri #zulkifli-hasan #caleg-terpidana-korupsi 

Berita Terkait

IKLAN