Banten Raya

Rektor Untirta Minta Komitmen Bersama Perbaiki PPDB Online

Redaktur: Ali Rahman
Rektor Untirta Minta Komitmen Bersama Perbaiki PPDB Online - Banten Raya

Rektor Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten Prof. DR. Soleh Hidayat.

INDOPOS.CO.ID - Kacaunya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Provinsi Banten, mendapat tanggapan dari rektor Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Prof. DR. Soleh Hidayat.

Menurutnya, kekacauan PPDB Banten tahun ini tak lepas dari kurangnya koordinasi dan penataan sistem antara Dinas Pendidikan Kebudayaan dengan Dinas Kominfo. ”Dalam menata sisemnya harus diperbaiki lagi. Karena dalam PPDB online melibatkan dua OPD (Organisasi Perangkat Dearah) yaitu Dindikbud dan Dinas Kominfo,” terang Soleh kepada INDOPOS, Jumat (6/7).

Dikatakan, Dindikbud yang memiliki data tentang sekolah dan Kominfo yang memiliki perangkat sistemnya harus bersinergi untuk saling menunjang, sehingga dalam pelaksanaannya tidak bisa berjalan sendiri sendiri. ”Tak kalah pentingnya adalah komitmen bersama, termasuk petugas admin yang harus bertanggungjawab atas kekecauan ini," tegasnya.

Sejumlah orangtua murid mengaku resah atas kekacauan PPDB online karena meski passing grade anaknya tinggi dan diatas passing grade yang ditentukan oleh sekolah namun nama anaknya tidak muncul di web PPDB.

Bahkan, saat dilakukan pendaftaran ulang ke sekolah lain saat perpanjangan waktu pendaftaran nama anaknya kembali tidak muncul. Padahal, banyak siwa yang diterima passing gradenya jauh dibawa passing grade anaknya. "Setelah saya mengadu kepada sekretaris PPDB baru nama anak saya muncul di web PPDB,” ungkap Supratman, seorang wali murid di Rangakasbitung, Kabupaten Lebak.

Sekretaris PPDB online Banten, Rukman Teddy yang dikonfirmasi mengatakan pihaknya menerima lebih dari 300 pengaduan dari orangtua siswa terkait PPDB online. Namun, semua pengaduan tersebut bisa diselesaikan. ”Kebanyakan pengaduan yang datang ke kami itu adalah, passing grade anaknya besar namun namanya tiba-tiba hilang di web,” terang Teddy. (yas)

 

Berita Terkait

Banten Raya / Panitia Jamin PPDB Online Banten Transparan

Banten Raya / Disdikbud Banten Siap Laksanakan PPDB Online


Baca Juga !.