Senin, 24 September 2018 01:18 WIB
pmk

Fokus

Ada Aksi 67, PT KAI Lakukan Rekayasa Operasi Kereta

Redaktur: Ali Rahman

Ilustrasi: Aktivitas di Stasiun Gambir. Foto: Charlie Lopulua/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta akan melakukan rekayasa operasi kereta api dalam mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju stasiun Gambir karena adanya kegiatan Aksi 67, Jumat (6/7).

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo menuturkan, rekayasa pola operasi akan diberlakukan pada 12 KA yang berangkat dari stasiun Gambir pada hari Jumat dengan Berhenti Luar Biasa (BLB) atau berhenti untuk proses naik penumpang di Stasiun Jatinegara.

“Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di stasiun Jatinegara, namun khusus hari Jumat (6/7) akan berhenti di stasiun Jatinegara. Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju stasiun Gambir, mereka bisa mencari alternatif dengan rekayasa pola operasi ini,” ucap Edy Kuswoyo, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta dalam keterngannya.

Operasi rekayasa lalulintas KA ini berlaku mulai dari keberangkatan KA 11752 (Argo Parahyangan Tambahan) keberangkatan pukul 14.05 sampai dengan KA 48 (Sembrani) keberangkatan pukul 19.15. Total ada 12 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang juga akan diberhentikan luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara guna pelayanan penumpang yang mungkin kesulitan naik dari Stasiun Gambir.

“Ke-12 KA tetap akan berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi dimana di Stasiun Jatinegara akan berhenti guna menaikan penumpang. Dengan adanya rekayasa pola dengan BLB ini, PT KAI juga telah menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang disana,” tambah Edy.

Rekayasa pola operasi ini tidak akan berjalan dengan baik bila tanpa kerja sama dengan calon penumpang. Maka, PT KAI pun mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pt-kai-daop-1-jakarta #edy-kuswoyo #pa-212 #aksi-67-mencari-keadilan 

Berita Terkait

IKLAN