Sabtu, 22 September 2018 04:43 WIB
pmk

Wanita

Tips Memilih Produk Wajah untuk Kulit Sensitif

Redaktur:

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Wanita modern saat ini tidak bisa lepas dari make up. Bahkan, sebagian pria metropolis juga mulai melirik make up untuk keseharian mereka.

Tapi, hati-hati ya, memilih make up harus seksama dan tidak boleh sembarangan. Cocok bagi orang lain, bukan berarti pas untuk kulit kita.

Apalagi, bagi Anda yang memiliki wajah sensitif. Salah memilih make up bisa berakibat fatal, bahkan hingga mematikan.

Untuk menentukan apakah kulit Anda termasuk tipe sensitif sangat mudah. Jika usai mengenakan make up kulit langsung memerah dan gatal, bisa jadi itu tanda kulit sensitif.

”Selain itu, kadang usai pemakaian akan muncul jerawat dan flek. Itu sudah pasti efek alergi,” jelas Senior General Manager Research and Development Safi Toh Mong Sah di Jakarta, Kamis (5/7).

Menurutnya, sebuah produk kecantikan seharusnya diuji secara menyeluruh. Jangan lagi menggunakan PVC (Polyvinyl Chloride).

"Karena bahan tersebut benar-benar berbahaya bagi kulit," ujarnya. Bagi pemakai berkulit sensitif, lanjut dia, bisa menyebabkan alergi yang bisa berujung kematian.

Dr Mufti Anam, Dipl.AAAM, pakar kulit dan kecantikan belum lama ini menjelaskan, bahwa tidak semua cream wajah memberikan dampak penyembuhan efektif tehadap kulit wajah. Banyak cream wajah yang digunakan, justru hanya bersifat mengendapkan pada lapisan kulit dan bukan mencerahkan.

Dia menjelaskan, pada dasarnya wanita yang menggunakan kosmetik tentu ingin mempunyai wajah yang putih dan juga cerah. Alasan selanjutnya adalah ingin mempunyai wajah yang bebas dari jerawat. Namun, sayang banyak yang salah dalam prosesnya.

"Sejauh ini obat kecantikan banyak mengandung zat Hydroquinone. Sebenarnya Hydroquinone adalah bahan yang sangat berbahaya dan merupakan bahan kimia yang kuat," ujarnya.

Dia menjelaskan, penggunaan Hydroquinone pada kosmetik hanya dibolehkan standarnya di Indonesia 2 sampai 5 persen. Jika melebihi batas tersebut akan berbahaya, itupun harus dengan menggunakan resep dokter.

Sejumlah studi menyebutkan bahwa beberapa bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan kulit akan memberikan dampak jangka panjang jika digunakan secara rutin. Beberapa akibat yang mungkin muncul antara lain iritasi, gangguan endokrin, dan karsinogenik atau menyebabkan kanker.
Seperti pengalaman Raisa, 29, karyawan swasta yang memilih tidak menggunakan make up lagi.

”Saya jarang sekali pakai make up, soalnya kulitnya sensitif. Jadi kalau pulang kerja, saya langsung cuci muka pakai sabun, lalu dibersihkan lagi dengan cleansing milk dan toner,” paparnya.

Selain itu, agar wajahnya tetap terjaga kesehatan, dia rutin menggunakan masker herbal. ”Kalau ke salon biasanya sebulan sekali. Biasanya di-peeling supaya wajah nggak kusam,” akunya. (ibl)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tips #wanita 

Berita Terkait

IKLAN