Senin, 19 November 2018 01:59 WIB
pmk

Megapolitan

Jam Ganjil-Genap di Tol Japek Bakal Diubah

Redaktur:

MACET PARAH-Kondisi tol Jakarta-Cikampek sebelum penerapan ganjil-genap. dok/indopos

INDOPOS.CO.ID - Jelang perhelatan Asian Games XVIII, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menerima informasi rencana adanya perubahan waktu penerapan sistem ganjil genap di tiga gerbang tol yang menuju ke Jakarta melalui ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Karena itu, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat berencana melakukan uji coba arus lalu lintas sebelum perubahan waktu penerapan ganjil-genap guna menyambut even bergengsi itu dilakukan. ”Kami masih melakukan pembahasan internal tentang masalah itu,” terang Kepala Dishub Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Kamis (5/7).

Dia menambahkan, persiapan yang akan dibahas adalah mengantisipasi lonjakan kendaraan yang bakal melalui jalur arteri di Kota Bekasi efek perubahan jadwal penerapan ganjil-genap tersebut. Apalagi, kata dia juga, ada dua akses jalan non tol ke Jakarta yakni Jalan KH Noer Ali melalui jalur Kalimalang, dan Jalan Raya Jenderal Sudirman dengan akses Cakung.

Meski akan disesaki kendaraan, Yayan mengaku, pihaknya akan melakukan antisipasi dengan melakukan uji coba dan rekayasa lalu lintas. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dari ruas tol. "Kami akan lakukan uji coba setelah rencana ini benar-benar matang," paparnya.

Yayan mengaku, akan mendukung kesuksesan Asian Games XVIII. ”Seluruh personel yang kita miliki akan diterjunkan di titik-titik rawan untuk mengatur arus lalu lintas menuju ke Jakarta. Apalagi, Kota Bekasi mendapat kesempatan menjadi penyelenggara cabang olahraga sepakbola,” ucapnya juga.

Seperti diketahui, pemberlakuan sistem ganjil-genap di dua pintu gerbang tol Bekasi, yakni tol Bekasi Barat I, dan II dan gerbang tol Bekasi Timur diberlakukan sejak 12 Maret 2018 itu itu diklaim mampu menurunkan jumlah kendaraan golongan I yang datang ke Jakarta. Hingga laju kendaraan di tol Japek menjadi lebih lancar.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono membantah adanya rencana perubahan waktu penerapan sistem ganjil genap di tiga pintu gerbang tol di Bekasi. Dia juga mengatakan, pihaknya fokus penerapan ganjil genap di Jakarta untuk memperlancar perhelatan Asian Games. "Belum ada rencana itu,” terangnya. (dny)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ganjil-genap 

Berita Terkait

IKLAN