Minggu, 23 September 2018 08:06 WIB
pmk

Megapolitan

Peretas Situs Bawaslu Tukang Bubur Ayam

Redaktur: Ali Rahman

Iswan Firmansyah kakak kandung DS ketika ditemui, di rumahnya yang di Desa Cibuntu, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jumat (6/7).

INDOPOS.CO.ID - Diam-diam peretas situs resmi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI adalah remaja putus sekolah. Mister Cakil alias DS sekarang dikenal hanya seorang pembantu pamannya berjualan bubur ayam di bilangan RS Polri Kramat Djati, Jakarta Timur.

"Dia putus sekolah pas SMP persisnya, setelah almarhum ibu meninggal dunia karena, kami tak punya biaya sekolahnya," kata Iswan Firmansyah kakak kandung DS ketika ditemui, di rumahnya yang di Desa Cibuntu, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jumat (6/7).

Menurut Iswan, dirinya sempat tidak percaya kalau adiknya itu adalah orang yang mampu meretas situs resmi Badan Pengawas Pemilu. Bahkan, dirinya baru mempercayai dugaan itu setelah pihak kepolisian mendatangi rumahnya.

"Sebelum ada polisi kerumah saya masih gak percaya, tapi pas dikasih kabar dan ditanya-tanyai, hingga diminta datang ke Bareskrim menjenguknya langsung barulah, saya percaya di ditahan atas tuduhan itu," jelas Iswan.

Seperti yang diketahui, jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap peretas situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Pelaku diketahui, berinisial DS alias Mister Cakil yang ternyata, masih berusia 18 tahun.

"Pelaku dengan sengaja melakukan defacing atau hacking pembobolan, atau penerobosan ilegal terhadap website http://inforapat.bawaslu.go.id, yang merupakan milik Bawaslu RI," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Selasa, (3/7). (dny)


TOPIK BERITA TERKAIT: #peretas-situs-bawaslu #situs-diretas #mister-cakil-alias-ds #iswan-firmansyah #cibitung #kabupaten-bekasi 

Berita Terkait

Peretas: Situs Pemerintah Lemah

Headline

Peretas Situs Bawaslu Mengaku Cuma Iseng

Hukum

IKLAN