Jakarta Terima Hasil 6 Pilgub, 111 Daerah Sudah Lapor ke KPU RI

INDOPOS.CO.ID – Mayoritas daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah serentak 2018 telah melaporkan hasil penghitungan suara ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Dari 171 daerah yang menggelar pilkada, sebanyak 111 daerah telah mengirimkan hasil akhir ke KPU RI.

Sebanyak 111 daerah itu meliputi 105 kabupaten/kota dan 6 provinsi. Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, sebanyak 154 kabupaten/kota sejatinya telah menyelesaikan rekapitulasi hitung suara. Namun, baru 105 daerah yang datanya masuk ke KPU.

“Mereka (KPU kabupaten/kota) melakukan rekapitulasi pada 4-6 Juli,” ujar Arief.

Sementara untuk provinsi, proses rekapitulasi berlangsung dari tanggal 7 hingga 9 Juli. Karena itu, belum semua KPU provinsi yang melaporkan hasil rekapitulasi mereka ke KPU RI.

“Ada yang baru melakukan rekap besok (hari ini, red),” ujar Arief.

Arief menyatakan, ada dua kabupaten yang terlambat melakukan rekapitulasi. KPU kabupaten Jayawijaya dan Mimika baru Minggu (8/7) melakukan proses rekapitulasi suara. Sementara kabupaten yang belum melaksanakan pemungutan suara adalah Paniai.

“Untuk Nduga sudah melakukan pemungutan suara,” tambah Arief.

Kabupaten Nduga telah melakukan pemungutan suara susulan untuk pilgub Papua pada 30 Juni lalu.

Arief juga belum bisa memastikan berapa persentase partisipasi pemilih di pilkada serentak 2018. Menurut dia, data itu baru akan dipastikan setelah semua proses rekapitulasi hasil pilkada serentak 2018 masuk ke KPU RI. “Kami akan terus melakukan update,” ujarnya.

Untuk data 6 pilgub yang sudah masuk ke KPU RI meliputi provinsi Bali, Jawa Tengah, Lampung, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara dan Jawa Timur. Pasangan Wayan Koster dan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati memenangkan pilgub Bali, pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin memenangkan pilgub Jateng, dan pasangan Arinal Djunaidi dan Chusnunia memenangkan pilgub Lampung.

Pasangan Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar dipastikan memenangkan pilgub Maluku Utara, pasangan Ali Mazi dan Lukman Abunawas memenangi pilgub Sultra, dan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak menang di pilgub Jatim.  (bay/jpg)

 

Komentar telah ditutup.