Jumat, 21 September 2018 03:07 WIB
pmk

Tekno

Mencoba All New Ertiga yang Diklaim Irit BBM

Redaktur:

UJI KENDARAAN-Konsumen ingin membuktikan ketangguhan dan iritnya All New Ertiga, PT Suzuki Indomobil Motor menggelar test drive belum lama ini di Bali. DEWI MARYANI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Suzuki resmi meluncurkan All New Ertiga April lalu. Ingin membuktikan ketangguhannya, PT Suzuki Indomobil Motor, anak perusahaan Suzuki Motor Corporation di Indonesia mengundang media untuk menjajal langsung mobil MPV tersebut.

Bali Selatan menjadi pilihan kali ini. Kawasan yang cukup ramai, lalu lintasnya juga padat, terutama di kawasan wisata Kuta menjadi tantangan adu irit All New Ertiga. Suzuki mengklaim All New Suzuki Ertiga lebih hemat 3,3 persen dibanding mesin model sebelumnya dalam hal konsumsi bahan bakar.

Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel mengungkapkan, kontur daerah di Bali Selatan yang beragam dapat mewakili pembuktian akan kenyamanan berkendara bersama All New Suzuki Ertiga. ''Kami ingin memberikan kesempatan para peserta untuk merasakan All New Suzuki Ertiga sambil mengunjungi tempat-tempat eksotik di Bali. Rutenya juga menantang, dengan jalanan padat lalu lintas, tanjakan serta turunan curam,'' ujar Harold.

Dalam test drive itu Suzuki menyiapkan 10 unit All New Ertiga bertransmisi otomatis dan manual. Setiap unit berisi empat orang. Masing-masing grup diberi tantangan berita Liga Irit bahan bakar. Tutup tangki mobil ditutup dengan stiker khusus, tombol AC di dashboard juga diamankan dengan stiker agar fiturnya tetap menyala selama perjalanan berlangsung.

Selain rute menantang dan Liga Irit BBM, berbagai kegiatan juga digelar di Pantai Pandawa seperti Zig Zag and Parking Challenge dan Baggage Challenge. ''Peserta dapat menjajal dimensi baru All New Ertiga yang lebih lapang dari generasi sebelumnya, desain interior yang lebih elegan dan kabin yang lebih luas, serta fitur keamanan yang mumpuni,'' tandasnya.

Harold menjelaskan, All New Suzuki Ertiga memiliki tampilan yang kokoh, namun volumenya ringan karena menerapkan platform baru Heartech. Secara bobot, lanjut dia, model terbaru itu lebih ringan 50 kilogram dibanding model sebelumnya.

Bobot itu menjadi hal yang penting bagi sebuah kendaraan keluarga. Rasio mesin 1.500 cc bertenaga 104PS dengan torsi 138 Nm terhadap bobot kendaraan cukup seimbang yang membuat laju mobil tetap responsif meski berisi beban penuh. Tenaga ini cukup terasa sejak mesin di putaran bawah. ''Seru juga sih, mesinnya stabil, suspensinya juga enak,'' kata Tentry, salah satu peserta lomba irit.

Ya, platform baru ini selain memberikan performa yang semakin baik, juga didesain untuk dapat melindungi penumpang saat berkendara di berbagai medan.  Secara dimensi, ruang kabin All New Suzuki Ertiga memang lebih luas dibanding model sebelumnya.

Kuncinya adalah terletak di kursi baris kedua yang dapat diatur maju mudurnya. Itu akan membuat ruang kaki di kursi baris ketiga bertambah lebar. Artinya, fungsionalitas kabin dapat dioptimalkan berkat fleksibilitas pengaturan kursi baris kedua dan ketiga. Di kursi baris ketiga dapat direbahkan untuk mengoptimalkan ruang bagasi.

MPV yang baru saja diluncurkan di IIMS 2018 ini juga telah dilengkapi dengan fitur keselamatan ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution) sebagai standar. Sedangkan untuk varian teratas telah ditambahkan fitur Electronic Stability Program (ESP) dan Hill Hold Control (HHC).

Hasil liga irit mencapai angka 23,15 kilometer per liter untuk transmisi otomatis dengan jarak tempuh 85,7 kilometer. Sedangkan All New Suzuki Ertiga bertransmisi manual mencapai 20,85 kilometer per liter setelah melaju sejauh 101,9 kilometer. Liga irit ini menggunakan metode full to full. Adapun klaim Suzuki dengan basis pengetesan oleh Balai Pusat Teknologi Termodinamika Motor & Propulsi (BPT2MP) adalah 18,09 kilometer per liter (manual) dan 16,73 kilometer per liter (otomatis). Harga dibanderol mulai dari Rp 193 juta untuk tipe terendah (GA) dan Rp 238.5 juta tipe tertinggi (GX) ESP. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #all-new-ertiga 

Berita Terkait

IKLAN