Minggu, 23 September 2018 09:48 WIB
pmk

Ekonomi

Mendag Sebut Keberadaan KPPU Penting

Redaktur: Ali Rahman

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, memberikan penjelasan usai bertemu komisioner KPPU di Jakarta, Selasa (10/7)

INDOPOS.CO.ID - Menteri  Perdagangan Enggartiasto Lukita, menegaskan pentingnya keberadaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Karena itu dalam pembahasan RUU persaingan usaha, lembaga independen itu akan diundang. Seperti memberikan masukan-masukan. Selain itu, dunia usaha juga akan diminta pendapatnya.

"Dunia usaha dan  perekonomian membutuhkan iklim usaha yang sehat. Untuk menunjang itu dibutuhkan peran KPPU. Kalau ada monopolistik dan kartel, itu tidak sehat. Siapa yang memutuskan,  itu KPPU," ujar Enggartiasto, saat menyambangi kantor KPPU di Jakarta, Selasa (10/7).

Ia mengatakan, kedatangannya ke kantor KPPU dalam rangka memenuhi undangan. Sebelumnya, seluruh komisionernya juga sudah datang ke Kemendag.

Lebih lanjut Enggartiasto mengatakan, dalam pembahasan RUU Persaingan Usaha, masukan dari KPPU sangat diperlukan. Sebab kalau sudah disahkan, yang melaksanakan adalah KPPU. "Kami juga berterimakasih kepada komisi VI, yang akan mengundang KPPU. Kita perlu menyusun Undang-Undang yang jelas dan pas,," jelas Enggartiasto. Dalam RUU itu, KPPU bertanggungjawab kepada Presiden.

Sebelumnya sempat beredar kabar  revisi Undang-Undang nomor 5 tahun 1999, akan membuat  KPPU berada di bawah kemendag. Namun hal itu tidak benar.

Sementara itu, Ketua KPPU Kurnia Toha mengatakan, dalam RUU Persaingan Usaha bukan hanya pelaku usaha di dalam negeri yang menjadi subyek. Namun juga pelaku usaha di luar negeri yang melakukan aktivitas di sini. "Negara lain juga begitu," ujarnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ruu-persaingan-usaha #mendag-enggartiasto-lukita #komisi-pengawas-persaingan #kurnia-toha 

Berita Terkait

Kemendag Galang Dukungan Importir

Nasional

IKLAN