Basket 3×3 Berpeluang Medali di Asian Games 2018

INDOPOS.CO.ID – Ketua Umum Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Danny Kosasi optimistis basket 3×3 meraih sukses di Asian Games 2018. Dia meyakini basket 3×3 minimal mampu menembus babak semifinal.

“Kalau dilihat dari persiapan dan lawan yang ada, saya yakin basket 3×3 mampu menembus babak semifinal dan mendapat medali,” kata Danny Kosasi kepada media di Jakarta, Selasa (10/7).

Dia menuturkan jika basket 3×3 semakin berkembang di Indonesia maka perlu ada pemisahan dengan basket 5×5. “Event internasional ini hampir setiap bulan nggak berhenti pertandingannya, 3×3 melonjaknya berapa ratus persen dan perkembangan 3×3 ini harus kita ikuti. Kalau 3×3 berkembang pesat, harus segera dipisah dengam 5×5, supaya nggak akan ada rebutan pemain,” tutur Kosasi.

Sementara itu, menjelang Asian Games 2018, Indonesia Basketball League (IBL) menggelar program kejuaraan basket tiga lawan tiga (3×3). Kejuaraan ini akan digelar di tiga kota besar yakni Jogjakarta pada 14-15 Juli, Malang 21-22 Juli, Jakarta 27-29 Juli 2018.

Direktur Utama IBL Hasan Gozali mengatakan kenapa IBL bersama dengan GO-JEK mengadakan 3×3 karna ini ajang internasional. Dan tentu harapan turnamen pertama ini akan meriah dan program-program off season bisa berjalan lebih lancar.

“Kenapa IBL masuk 3×3, karena cabang ini sudah masuk cabang internasional, dan akan dipertandingkan pada olimpiade. 3×3 ini sangat relevansi dengan basket Indonesia,” ujar Hasan Gozali kepada media.

“3×3 tahun ini jadi program off season kami, grand finalnya sendiri akan diadakan di Jakarta. Dari IBL dikirim 13 tim dari perwakilan 10 klub, dan pemenangnya akan dikirim ke Cheng Tu, China,” tambahnya. (bam)


loading...

Komentar telah ditutup.