Selasa, 13 November 2018 07:49 WIB
pmk

News in Depth

Polisi Enggan Beber Identitas Hacker

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri tengah memburu pelaku atau hacker yang mencoba meretas situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Diketahui, situs infopemilu.kpu.go.id berusaha diretas saat berlangsung rekapitulasi suara Pilkada Serentak 2018, 27 Juni 2018 lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Mohammad Iqbal saat dihubungi belum dapat memberikan keterangan secara detail mengenai proses perburuan tersebut. Sebab, kasus peretasan tersebut masih dalam proses penyelidikan. ”Iya, kan masih penyelidikan, tidak bisa disebarkan dulu,” tutur Iqbal di Jakarta, Senin (9/7).

Karena itu, mantan Kapolrestabes Surabaya itu tidak mau member bocoran. Termasuk enggan untuk sekadar memberitahukan ciri-ciri dan asal pelaku. Begitu juga dengan keberadaaan pelaku saat ini, Iqbalpun terkesan bungkam.

Bahkan jenderal bintang satu tersebut juga tidak mau mengomentari penyebab situs KPU dapat dibobol pelaku. Termasuk juga bagaimana cara pelaku meretas situs resmi milik KPU tersebut. ”Tunggu saja, kan sekarang masih penyelidikan,” elak Iqbal singkat.

Sebelum ini, Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto mengakui identitas pelaku peretasan situs KPU sudah dikantongi pihak kepolisian. Itu berkat keseriusan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri yang berusaha semaksimal mungkin mendeteksi pelaku. Kendati demikian, Setyo belum dapat membeberkan identitas pelaku kepada publik dengan dalih kepentingan penyelidikan. ”Intinya, kami dari Dit Siber ikut memantau siapa ini yang ikut bermain. Kita sudah tahu lah,” jelas Setyo. (ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #peretas-sukses-lumpuhkan-situs-kpu 

Berita Terkait

KPU: Serangan Hecker Masif

News in Depth

Amatiran, Situs KPU Mudah Bobol

News in Depth

Hacker Jatuhkan Integritas KPU

News in Depth

BSSN Bantah Tidak Maksimal

News in Depth

Keamanan Data Pilpres dan Pileg Dalam Bahaya

News in Depth

IKLAN