Sabtu, 17 November 2018 06:28 WIB
pmk

Nasional

HUT RI ke 73, Kemenristek Mengundang Diaspora Pulang ke Tanah Air

Redaktur: Redjo Prahananda

Dirjen Sumber Daya IPTEK dan Dikti Ali Ghufron Mukti

INDOPOS.CO.ID - Bertepatan HUT RI ke-73, Kementerian Riset, Teknologi (Ristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti) kembali mengundang kembali diaspora ke Tanah Air.

Dirjen Sumber Daya IPTEK dan Dikti Ali Ghufron Mukti menjelaskan,Diaspora orang Indonesia lama menetap di luar negeri. Selama merantau, mereka menghabiskan waktu di bisang penelitian.

" Kami undang mereka agar bisa berkontribusi membangun negeri dan cinta Tanah Air," ujar Ali Ghufron Mukti, Rabu (11/7).

Dia mencontohkan, beberapa negara berhasil membangun negeri, berkat kontribusi dari diaspora. Seperti India, Cina dan Korea. Teknologi negara-negara tersebut beberapa tahun lalu masih belum maju.

" Mereka (negara-negara India, Cina dan Korea) memberikan kesempatan warga sekolah di luar negeri. Kemudian kemampuan mereka dioptimalkan untuk membangun negeri mereka," kata dia.

Menurut Ghufron, peran diaspora nanti melakukan pengembangan proposal dengan dosen, join riset hingga peningkatan publikasi di Indonesia. “Tidak berhenti di situ (penghargaan), tapi diaspora mau membangun dan pindah ke Indonesia," kata dia.(nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hut-ri-ke-73 #kemenristek #ali-ghufron-mukti 

Berita Terkait

IKLAN