Sabtu, 22 September 2018 08:20 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Sama Kuat, Inggris Vs Kroasia Lanjut ke Perpanjangan Waktu

Redaktur: Redjo Prahananda

Kroasia berhasil mengimbangi Inggris di babak kedua. Foto: AFP

INDOPOS.CO.ID -

Babak Pertama

Laga berjalan sedikit lamban di awal babak pertama. Inggris berusaha mendominasi dengan penguasaan bola, sementara Kroasia tampaknya ingin membuat peluang secepatnya.

Namun, justru Inggris yang pertama kali mendapat peluang setelah Dele Alli dijatuhkan Luka Modric tepat di depan kotak penalti Kroasia pada menit ke-4. Trippier menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya mengarah tepat ke sudut gawang Subasic.

Gol ini kontan meningkatkan tempo pertandingan. Kroasia dengan cepat merancang serangan ke wilayah pertahanan Inggris. Sejumlah upaya tendangan pun coba dilakukan. Tapi belum bisa mengancam gawang Jordan Pickford.

Upaya Kroasia ditanggapi dengan tenang oleh skuad Inggris. Mereka memanfaatkan agresivitas Kroasia dengan melakukan sejumlah serangan balik. Hasilnya, mereka mendapat dua tendangan sudut dalam waktu berdekatan.

Dalam dua kesempatan tendangan sudut itu, Inggris kembali menunjukkan kepiawaian mereka dalam memanfaatkan bola mati. Dua kali pemain Inggris menang dalam duel udara. Sayang, bola belum mengarah ke gawang.

Inggris kembali mendapat peluang melalui set pieces di menit 27. Menyusul pelangaran Dejan Lovren terhadap Sterling. Bola umpan Ashley Young masih bisa ditinju Subasic. Gawang Kroasia kembali aman.

Untuk sementara Inggris unggul 1-0 berkat sepakan melengkung Kieran Trippier. Namun, pertandingan masih panjang. Masih banyak peluang yang bisa diciptakan Kroasia di babak kedua.

Babak Kedua

Kroasia langsung ngebut mengejar ketinggalan gol dari Inggris begitu wasit Cuneyt Cakir meniup peluit tanda dimulainya babak kedua. Sejumlah peluang coba dilakukan, tapi lagi-lagi mentok di barisan pertahanan Inggris yang tetap solid.

Tensi pertandingan pun kian meningkat. Dalam tempo 10 menit sudah dua kartu kuning dikeluarkan wasit. Pertama untuk striker Kroasia, Mario Mandzukic dan menyusul untuk bek Inggris, Kyle Walker.

Upaya Kroasia akhirnya berbuah manis pada menit ke-68. Berawal dari umpan Sime Vrsaljko di dekat area kotak penalti Inggris, Ivan Perisic dengan jeli memanfaatkan peluang tersebut dengan maksimal. Meski dikawal ketat, winger Inter Milan itu masih bisa mengarahkan bola ke gawang Inggris dengan kaki kirinya

Perisic bahkan nyaris menggandakan golnya beberapa menit kemudian. Memanfaatkan ruang di pertahanan Inggris, winger Inter Milan itu mampu melakukan tendangan keras. Beruntung bagi Inggris, bola tendangan Perisic hanya mengenai tiang gawang.

Kroasia memang tampil lebih dominan di babak kedua. Inggris kalah di lini tengah, membuat Ivan Rakitic dan kawan-kawan lebih leluasa mengatur serangan dan menguasai bola. Namun, setelah gol Perisic belum ada lagi peluang yang benar-benar mengancam gawang Pickford.

Kondisi imbang 1-1 ini bertahan hingga 90 menit waktu normal berakhir. Pertandingan pun harus berlanjut dengan babak perpanjang waktu.(jpg)

Kroasia 1-1 Inggris

(Perisic 68' - Trippier 5')

Susunan pemain Kroasia vs Inggris:

Kroasia (4-2-3-1): 1-Subasic; 2-Vrsaljko, 21-Vida, 6-Lovren, 3-Strinic; 7-Rakitic, 10-Modric; 18-Rebic, 11-Brozovic, 4-Perisic; 17-Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris (3-5-2): 1-Pickford; 2-Walker, 5-Stones, 6-Maguire; 12-Trippier, 8-Henderson, 18-Young (3-Rose 91'); 7-Lingard, 20-Dele; 10-Sterling (19-Rashford 74'); 9-Kane
Pelatih: Gareth Southgate

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)


TOPIK BERITA TERKAIT: #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN