Sabtu, 17 November 2018 05:45 WIB
pmk

Internasional

Rumah Sakit Melarang Tim Moo Pa Bersentuhan

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - TIM sepak bola Moo Pa asal Thailand kini sudah full team kembali. Itu terjadi setelah 12 pemainnya -yang masih berusia belasan tahun bersama asisten pelatih Ekapol Chantawong, 25, sudah berhasil dievakuasi Thai Navy Seals dari Gua Tham Luang.

Tim penyelamat mengumumkan telah berhasil mengeluarkan lima orang lagi terdiri atas empat remaja dan seorang asisten pelatih dari dalam gua. Total 18 hari mereka tinggal di dalam gua. Operasi penyelamatan dilakukan sejak pukul 10.00. Sebelumnya, pada Minggu (8/7), empat remaja berhasil dievakuasi. Disusul operasi penyelamatan hari kedua (Senin, 9/7) yang juga membawa empat remaja.

Berita gembira itu dikabarkan melalui posting-an di halaman Facebook yang sederhana. "Kami tidak tahu ini keajaiban, sains, atau apa. Tiga belas Babi Hutan Liar sudah keluar dari gua," tulis Thai Navy Seals.

Babi Hutan Liar sendiri merupakan arti Moo Pa, nama tim sepak bola mereka. Dalam keterangan tertulis itu, mereka juga menyatakan bahwa lima korban yang diselamatkan kemarin keluar dengan selamat tanpa luka atau cacat. Seorang petugas medis dan tiga anggota Thai Navy Seals yang ikut tinggal di dalam gua sejak hari pertama operasi penyelamatan juga sudah keluar dari gua.

Soal kondisi, tim penyelamat belum memberikan keterangan detail. Yang diketahui, di antara empat anak yang diselamatkan pada hari kedua misi evakuasi, ada dua yang mengalami demam dengan dugaan infeksi paru-paru. Sedangkan empat orang yang diselamatkan pada hari pertama sudah terlihat berlarian di halaman RS.

Meski begitu, pihak RS mengatakan bahwa semua korban bisa disembuhkan. Mereka perlu waktu setidaknya tujuh hari untuk bisa kembali ke pelukan keluarga masing-masing. "Mereka sudah bisa makan makanan normal meski dilarang mengonsumsi makanan pedas. Kami juga masih harus memeriksa kondisi psikis mereka," ujar Jedsada Chokdumrongsuk, menteri kesehatan publik Thailand.

Mereka pun sudah bisa bertatap muka dengan keluarga, tapi dilarang bersentuhan. Mereka hanya diperbolehkan bertemu dalam jarak 2 meter. "Keluarga juga harus mengenakan pakaian yang sudah disterilisasi," ucapnya.

Jelas, kabar gembira tersebut memancing banyak reaksi. Presiden Amerika Serikat Donald Trump langsung bercuit di dunia maya, mengucapkan selamat kepada Thai Navy Seals. "Ini adalah momen yang sungguh indah -semua bebas, kerja yang bagus!" kicaunya.

Selain tawaran untuk menonton final Piala Dunia dari FIFA, klub Manchester United pun menawari mereka datang ke Inggris pada musim baru Premier League nanti. Tawaran yang masuk akal karena mereka tak bisa memenuhi undangan menonton final Piala Dunia di Rusia 15 Juli nanti.

Sementara itu, Pemerintah Thailand melihat kesempatan emas dari musibah tersebut. Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha mulai memikirkan untuk mengembangkan kawasan gua tersebut sebagai lokasi wisata global. Kendati demikian, dia tetap menegaskan bahwa keselamatan bakal diutamakan dalam pengembangan itu.

"Ke depan, kami akan mengawasi akses-akses masuk dan keluar gua ini. Gua ini jelas bakal menjadi terkenal di seluruh dunia. Harus ada penerangan dan rambu sepanjang gua," tegasnya. Sebelum aspek-aspek keselamatan bisa dijamin, pemerintah Thailand akan menutup lokasi yang direncanakan menjadi taman nasional itu. (bil/c9/tom)


TOPIK BERITA TERKAIT: #thailand 

Berita Terkait

Pesan Yanto Basna dan Ryuji Utomo

Liga Indonesia

Thailand Harusnya Bukan Ganjalan

Liga Indonesia

Akademi Polisi Thailand Tak Rekrut Perempuan

Internasional

Viral, Model Cantik Thailand Pacari Tukang Ojek

Indotainment

IKLAN