Senin, 19 November 2018 09:02 WIB
pmk

Politik

Ini Alasan TGB jadi Kandidat Terkuat Cawapres Jokowi

Redaktur: Ali Rahman

Joko Widodo - TGB Zainul Majdi.

INDOPOS.CO.ID - Pengamat Politik Kedai Kopi, Hendri Satrio menilai, nama TGB Zainul Majdi berada diurutan terdepan untuk menjadi cawapres Jokowi. Sebab, daripada nama-nama lain yang masuk bursa seperti Sri Mulyani, Susi Pujiastuti dan Mahfud MD, TGB dinilai punya potensi yang tidak dimiliki ketiga nama tersebut.

Ia menjelaskan Gubernur NTB itu mempunyai massa riil atau publik yang siap memilih dan mendukungnya dalam berkonstalasi. Sementara tiga nama tadi, menurut Hendri, kendati banyak yang menyukainya tapi mereka tidak punya massa riil. Hendri sebut Sri Mulyani, Susi Pujiastuti atau Mahfud MD hanya memiliki fans club.

"Jadi artinya mereka belum masuk konstalasi politik, misalnya pilkada. Jadi selama ini hanya fans club saja," ungkapnya di Kawasan Cikini Jakarta Pusat, Kamis (12/7).

Di lain sisi, lanjutnya, Presiden Jokowi sangat membutuhkan sosok yang bisa mengatrol posisinya. Pasalnya, berdasarkan survei Kedai Kopi, elektabilitas Jokowi masih berada dibawah 50 persen atau tepatnya 48 persen. "Dengan tambahan TGB maka (elektabilitas Jokowi, red) bisa melampaui 50 persen plus satu," cetusnya.

Selain itu, TGB juga dinilai tepat mengisi kekurangan Jokowi yang dipersepsikan publik masih kurang sisi religiusitasnya dan melengkapi kombinasi politik Jawa - luar Jawa yang dari dahulu menjadi patron pencapresan. Diketahui Jokowi berasal dari Solo Jawa Tengah, sementara TGB merupakan putra asli NTB. "TGB dianggap sebagai sosok yang sangat tepat," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #menanti-cawapres-jokowi #tgb-zainul-majdi #hendri-satrio 

Berita Terkait

IKLAN