Jumat, 16 November 2018 11:22 WIB
pmk

Hukum

Wagub DKI Jakarta Laporkan 70 Gratifikasi Parcel Lebaran ke KPK

Redaktur: Ali Rahman

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno

INDOPOS.CO.ID - Pemberian parsel yang masuk kategori KPK sebagai bentuk gratifikasi menjadi hal yang serius dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Buktinya Sandiaga melaporkan 70 unit parsel gratifikasi senilai Rp 52 juta yang diterimanya saat lebaran lalu. Namun barang-barang tersebut masih ada pada Sandiaga Uno karena baru sebatas melaporkannya saja.

"Pada 3 Juli 2018 lalu Sandiaga sudah melaporkan 73 parsel selama lebaran. Nilainya Rp 52 juta lebih. Persisnya Rp 52.137.000. Beliau membuatnya ke dalam satu laporan," terang Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono, di gedung KPK, Kamis (12/7).

Menurutnya, saat ini pihaknya masih dalam proses analisis dan klarifikasi seluruh barang-barang yang dilaporkan Sandiaga tersebut. Ia menambahkan item-item barang yang dilaporkan Sandiaga diantaranya makanan, minuman, set tea, dan karangan bunga.

Ia menambahkan, barang dalam bentuk bunga termasuk kategori barang rentan rusak atau fragile sehingga tidak ditetapkan menjadi milik negara. "Termasuk makanan dan minuman sama (barang rentan rusak) dan mudah kedaluwarsa," ujar Giri.

Terkait puluhan parcel yang masih ada pada Sandiaga, menurut Giri setelah proses analisis dan klarifikasi selesai. Maka seluruh parcel-parcel itu akan ditetapkan statusnya untuk memastikan yang mana saja yang akan menjadi milik negara. Penetapan status dilakukan sebelum 30 hari kerja sejak laporan dibuat si penerima. "Sesegera mungkin sebelum 30 hari kerja," tandasnya.

Sebelumnya, Sandiaga juga melaporkan gratifikasi parcel lebaran 2017 dan 2016. Pada lebaran 2016, terdapat 40 laporan parcel Lebaran dengan nilai Rp 39,3 juta. Sedangkan pada 2017, Sandiaga Uno melaporkan adanya 28 parcel lebaran senilai Rp 13,8 juta.

Selain Sandiaga, KPK juga menerima 11 laporan adanya gratifikasi parcel lebaran. 

11 laporan tersebut para pejabat di Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Kelautan dan Perikanan, PT Pertamina (Persero), PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kantor Pegadaian, dan Pemkab Magelang. (ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #giri-suprapdiono #gratifikasi #parcel-lebaran 

Berita Terkait

IKLAN