Selasa, 20 November 2018 05:18 WIB
pmk

Megapolitan

Jalan Menuju Venue Asian Games di Kabupaten Tangerang Belum Diperbaiki

Redaktur: Ali Rahman

Komisi X, DPR RI saat memantau venue cabang olahraga modern Pentathlon di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (12/7).

INDOPOS.CO.ID - DPR RI kembali mengkritik kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam membantu mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018. Itu karena sampai saat ini pelebebaran dan perbaikan jalan menuju venue belum juga dirampungkan. Bahkan, hal itu dianggap dapat menggangu akses para atlet dari 12 negara Asia dalam mengikuti turnamen.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi X, DPR RI, Abdul Fikri Faqih. Kata dia, seharusnya Pemkab Tangerang turut membantu pemerintah pusat dalam menyiapkan akses jalan bagi para atlet. Apalagi event olahraga se-Asia tersebut akan dimulai pada Agustus 2018, mendatang. Namun, hal itu pun belum semua dirampungkan sama sekali.

"Inilah yang kami sesali sekali. Kenapa kok jalan menuju akses ke venue belum diperlebar. Ini dapat mempersulit atlet masuk ke dalam, soalnya ini pertandingan olahraga bergengsi," katanya kepada wartawan saat memantau venue cabang olahraga modern Pentathlon di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (12/7).

Fikri menjelaskan, venue di wilayah itu masih banyak membutuhkan perbaikan.  Seperti tempat menginap atlet, tribun penonton, serta beberapa fasilitas lain. Dan itu kata dia, semua itu memerlukan bantuan dari pemerintah pusat hingga kabupaten/kota.

"Harusnya memang ada koordinasi. Jangan sampai nanti di hari H ini jadi sorotan. Kan anggarannya sudah di plot dan cepat dikerjakan. Memang masih banyak kekurangan yang harus diselesaikan di lokasi ini," paparnya.

Menurutnya, akses jalan menuju lokasi venue tersebut disebut belum layak dipergunakan. Sebab, jalan sepanjang 1 kilometer ini hanya dapat dilalui satu kendaraan roda empat. Padahal, seharusnya jalan itu diperluas agar dapat diakses tiga kendaraan yang hilir mudik mengantarkan atlet.

"Mulai dari tol menuju ke lokasi masih rusak dan kecil. Sangat sulit kalau mau masuk ke dalam. Ya memang aksesnya masih memprihatinkan," ujar Fikri.

Dan karena itu itu pula Fikri pun meminta Pemkab Tangerang serius membantu perhelatan Asian Games tersebut. Khusunya menyelesaikan pembangunan fasiltas pendukung berupa jalan menuju lokasi pertandingan. Mengingat venue Pentathlon di Tigaraksa diperuntukan untuk pertandingan olahraga gabungan. Diantaranya anggar, berkuda, menembak, lari, dan renang gaya bebas yang oleh 12 negara Asia.

"Sebagai tuan rumah harus punya sikap, jangan dibiarkan ditangani sendiri sama pemerintah pusat. Pasti akan sibuk sekali nanti jalur ini karena atletnya akan mondar-mandir," imbuhnya. (cok)


TOPIK BERITA TERKAIT: #abdul-fikri-faqih #komisi-x-dpr-ri #pemkab-tangerang #asian-games-2018 

Berita Terkait

Sukses di Asian Games, Belum Tentu di SEA Games

Total Sport

Pemkab Naikkan Gaji Guru Honorer

Banten Raya

Bonus Atlet DKI Peraih Medali AG Segera Cair

Total Sport

Sukses AG Momen Tebar Prestasi ke Tingkat Dunia

Total Sport

IKLAN