Kamis, 15 November 2018 11:30 WIB
pmk

Kesehatan

5 Barang Ini Wajib Anda Buang dari Kamar Mandi

Redaktur:

Ilustrasi: Kamar Mandi. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Sadarkah Anda bahwa beberapa barang di kamar mandi banyak mengandung kuman? Mulai dari wastafel, gagang flush toilet, lantai, hingga dudukan toilet. Bagian-bagian ini merupakan sarangnya kuman.

Selain itu, sejumlah barang di kamar mandi juga bisa menjalarkan kuman ke mana-mana. Karena itu, barang-barang itu wajib Anda buang dari sekarang, agar penyebaran kuman tidak makin banyak.

Dilansir Health.com, berikut daftar barang yang harus segera Anda enyahkan dari kamar mandi:

1. Obat antibiotik
Sebagian orang biasanya menyimpan obat antibiotik di lemari kaca. Anda perlu menyingkirkan benda ini dari dalam kamar mandi, terlebih jika sudah kedaluwarsa. Selain risiko penyebaran kuman, bisa saja kelembapan di dalam kamar mandi malah menghilangkan khasiat obat tersebut.

2. Tampon
Ada baiknya untuk menyingkirkan tampon dari kamar mandi, apalagi jika sudah disimpan selama satu sampai dua tahun. Kebiasaan menyimpan tampon biasanya dilakukan wanita di bawah wastafel, tempat yang rentan lembap. Jika tidak disimpan di tempat yang bersih dan kering, bakteri hingga jamur siap tumbuh dan menciptakan sarang kuman penyebab penyakit.

3. Sabun batang
Sabun batang sebenarnya bisa bertahan selama bertahun-tahun. Namun, aturan yang sama tidak berlaku begitu sudah terkena air. Jika sabun Anda mulai terasa lembek atau berubah warna, berarti itu sudah terkontaminasi dan Anda harus membuangnya. Ketahuilah bahwa menggunakan sabun batang yang sudah lembek dan berubah warna dapat menyebabkan iritasi atau infeksi.

4. Sikat gigi
Sudah saatnya membuang sikat gigi Anda jika bulu-bulunya sudah kelihatan usang. Lagi pula, setelah tiga bulan pemakaian, sikat gigi menjadi kurang efektif dalam menghilangkan plak dari gigi dan gusi. Kuman juga bisa bersembunyi di bulu dan menyebabkan infeksi.

5. Pisau cukur berkarat
Rentang hidup pisau silet sebenarnya sangat tergantung pada penggunaan. Tapi sebaiknya gantilah setelah tiga sampai lima kali penggunaan, atau setiap dua minggu. Selain menjadi kurang efektif, iritasi dari pisau cukur yang tumpul dan berkarat dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

Pasien Tinggal Datang, Tak Perlu Antre

Jakarta Raya

IKLAN