Minggu, 23 September 2018 11:45 WIB
pmk

Wanita

5 Awal Tanda Kehamilan yang Harus Diperhatikan

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Perlu diketahui, beberapa gejala hamil bisa saja muncul tepat ketika Anda mulai terlambat haid – atau satu hingga dua minggu kemudian. Faktanya, 7 dari 10 wanita mulai merasakan gejala kehamilan ketika usia kandungan mereka memasuki minggu ke-6.

Jika Anda tidak pernah memperhatikan jadwal datang bulan Anda atau siklus menstruasi Anda memang selalu bervariasi setiap bulan, maka memang susah untuk memperkirakannya.

Namun, jika Anda mulai merasakan beberapa gejala di bawah ini dan tamu bulanan Anda tidak juga kunjung tiba, maka besar kemungkinannya jika Anda sedang hamil. Perhatikan, beberapa tanda awal kehamilan berikut.

1. Anda kencing lebih dari biasanya
Selama trimester pertama kehamilan, volume darah wanita meningkat dan ginjal harus mengeluarkan cairan berlebih yang berakhir di kandung kemih Anda.

"Akibatnya, Anda harus buang air kecil lebih dari biasanya. Peningkatan kadar hormon progesteron selama waktu ini mungkin juga membuat Anda merasa seperti Anda harus pergi ke kamar mandi lebih sering," kata Jonathan Schaffir, MD, seorang ob / gyn di Ohio State University Wexner Medical Center, seperti dilansir laman Prevention, Selasa (10/7).

2. Payudara Anda lembut
"Ini juga karena progesteron," kata Dr. Schaffir. Hormon memicu pertumbuhan kelenjar susu di payudara. Rasa sakit atau kelembutan yang mungkin Anda rasakan adalah akibat dari kelenjar-kelenjar yang membengkak.

3. Anda merasa lelah
Sebagian besar wanita merasa lelah pada titik tertentu dalam kehamilan mereka, tetapi alasan di baliknya tidak sepenuhnya dipahami.

"Bisa jadi karena fakta bahwa menumbuhkan sedikit manusia itu sulit di tubuh Anda, atau peningkatan volume darah atau fakta bahwa sulit untuk tidur malam yang nyenyak ketika Anda bangun di malam hari untuk buang air kecil," kata seorang ob/gyn di Rumah Sakit Winnie Palmer untuk Wanita dan Bayi, Christine Greves, MD.  Kadang-kadang, rasa lelah yang luar biasa adalah salah satu tanda paling awal kehamilan.

4. Anda mual
Ketika Anda hamil, tubuh Anda menghasilkan hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG), yang terus meningkat selama tahap awal kehamilan Anda.

Hormon ini biasanya membuat wanita merasa mual — tetapi tidak lama. Karena kadar hormon ini mencapai sekitar 8 hingga 10 minggu kehamilan, ini adalah saat kebanyakan wanita mengalami mual terburuk sebelum mulai membaik.

5. Anda tidak buang kotoran seperti biasa
Hormon progesteron melemaskan otot-otot halus di tubuh Anda, termasuk yang ada di usus Anda yang menggerakkan makanan di sepanjang saluran usus Anda.

Karena waktu yang dibutuhkan makanan untuk keluar dari mulut ke rektum Anda meningkat, lebih banyak air yang diserap dan tinja menjadi lebih sulit untuk dikeluarkan. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hamil #tanda-kehamilan 

Berita Terkait

Ngidam, Rey Utami Bikin Pusing Suami

Indotainment

IKLAN