Senin, 19 November 2018 04:44 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Berlatih Siang Malam agar Tendangannya Bebasnya Setara David Beckham

Redaktur:

Kieran Trippier.

INDOPOS.CO.ID - Pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 antara Inggris kontra Kroasia baru berjalan lima menit. Namun, stadion kebanggaan rakyat Rusia Luzhniki Stadium bergetar dan riuh dengan teriakan para pendukung The Three Lions. Gelas-gelas plastik yang masih berisi bir dilemparkan ke udara. Banyak yang basah. Namun banyak yang bahagia.

Inggris mencetak gol lebih dulu lewat tendangan bebas yang sangat cantik dari Kieran Trippier.  Sepekan itu keras, melengkung, dan melaju kencang untuk menembus sisi kiri atas gawang Danijel Subasic. Pada akhirnya, Inggris memang gagal ke final karena kalah lewat perpanjangan waktu. Namun, gol Trippier itu adalah salah satu gol Inggris yang paling keren di Piala Dunia 2018.

Trippier mengatakan bahwa tendangan bebas itu sangat terinspirasi dari teknik David Beckham. Selama bertahun-tahun, pemain yang lahir di Bury (Greater Manchester) tersebut melatih sepakannya agar mirip Beckham. Trippier mengatakan bahwa Beckham adalah idola masa kecilnya. Bermain sebagai bek atau sayap kanan juga karena dia sangat terpengaruh oleh Beckham.

Ketika masih bermain untuk Manchester City, Trippier berlatih tendangan bebas dan crossing bersama Steve Eyre. Sejak awal, Trippier sudah bertekad mengkopi teknik tendangan bebas Beckham dan juga legenda Italia Andrea Pirlo.  

’’Mereka itu memiliki kaki kanan yang sangat fantastis,’’ katanya. ’’Saya tidak malu mengatakan bahwa saya meniru semua yang Beckham lakukan. Cara dia memberikan umpan silang dan set piece sangat menginspirasi saya. Saya belum pernah bertemu dia dan saya ingin sekali berjumpa. Saya adalah penggemar beratnya,’’ imbuh pemain Tottenham Hotspurs tersebut.

Meski pada Piala Dunia 2018 posisi Trippier sebagai pemain inti tak tergantikan, namun dia memulai semuanya dengan berat. Berkarir di akademi Manchester City sejak uumur 9 tahun pada 1999, dia lantas dipromosikan ke tim senior pada 2007. Namun, di sana, karirnya tidak berkembang. Dalam rentang 2007 sampai 2012 dia tiga kali menjalani masa pinjaman.

Trippier dulu dianggap terlalu kurus, rentan, dan pendek (walau sekarang punya tinggi 178 cm). Dia dituding tidak cokok untuk posisi full back yang mengharuskan sang pemain untuk memiliki fisik yang sangat tangguh untuk bertahan dan membantu penyerangan.    

Pada 2012, dia resmi pindah ke tim Divisi Dua Liga Inggris Burnley. Di tempat itu, Trippier mengalami perkembangan yang signifikan. Puncaknya adalah ketika pada akhir musim 2013-2014, ia menjadi salah seorang pemain kunci yang mengantarkan Burnley promosi ke Premier League. Trippier masuk ke dalam skuad inti tim terbaik divisi dua dalam dua musim beruntun.  

Setahun kemudian, tim papan atas Liga Inggris Tottenham Hotspur merekrutnya dengan transfer senilai GBP 3,5 juta (Rp 6,6 miliar). Hanya dalam tempo dua tahun, kemampuannya melesat. Musim lalu, dia menjadi pemain inti dalam skuad Mauricio Pochettino. Trippier menjadi pengganti yang sangat sempurna bagi Kyle Walker yang hengkang ke Manchester City.

Setelah itu, dia dipanggil Tim Nasional Inggris pada Juni 2017 dan terpilih masuk dalam skuad Piala Dunia 2018. Dari semua pemain Inggris, Trippier adalah kreator peluang terbanyak dengan 13 kali usaha. Gelandang Inggris Eric Dier menyebut Trippier adalah bek kanan terbaik Inggris saat ini. ’’Yah, semua itu tidak jelek untuk seorang dari Bury,’’ katanya lantas tersenyum.

Tampil 12 kali bersama Inggris, gol pada semifinal dini hari kemarin WIB, adalah gol pertama Trippier untuk negaranya. Saat ini, usia Trippier sudah 27 tahun. Empat tahun lagi, kalau Inggris lolos ke Qatar 2022, dia akan berumur 31, usianya yang cukup senja untuk seorang pemain sepak bola. Namun Trippier mengatakan bahwa itu bisa jadi keuntungan. Sebab, secara mental, dia akan makin tenang dan dewasa.

Memang, tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan ini. Semuanya bisa terjadi. Asal kita tekun bekerja keras, terus berusaha, dan memiliki sikap positif seperti yang telah ditunjukkan oleh Trippier. (ainur rohman)


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-inggris #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

Spanyol vs Inggris, Tebak-Tebakan Ala Enrique

Total Football

Tanpa Suporter, Kroasia Hati-Hati Inggris

Total Football

Kroasia vs Inggris, Ganjal Misi Balas Dendam

Total Football

Inggris vs Spanyol, Laga Dua Tim yang Memulai Siklus Regenerasi

Total Football

Terima Kasih Presiden Vladimir Putin, Spasiba Rusia!

Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2022 Qatar: Ubah Tradisi, FIFA Otoriter

Piala Dunia 2018

IKLAN