Sabtu, 17 November 2018 09:53 WIB
pmk

Kesehatan

Mengenal Terapi Lintah, Obat Penyakit Parah sampai Merawat Kecantikan

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Selain melakukan pengobatan medis dari ilmu kedotkeran, sejumlah penyakit kadang kala perlu mendapatkan terapi khusus agar si penderita sembuh.

Banyak beragam beragam terapi untuk mengangkat penyakit membandel. Salah satu pengobatan alternatif dengan terapi lintah. Terapi ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Seperti, menormalkan gula darah, menetralisir asam urat dan mengempiskan bengkak, serta meredakan rasa sakit akibat pendarahan dan berbagai penyakit lain.

Lintah-lintah tersebut diletakkan di perut penderita untuk menghisap darah.
Pasien terapi lintah, Lina Andrian, 23, memilih terapi lintah karena rekomendasi dari teman karena wajah Lina Andrian penuh jerawat.

Seorang teman menyarankan mengikuti terapi lintah. Selama seminggu mengikuti terapi lintah tersebut, dia mengaku jerawat di wajah berkurang.

Pasien lain, Susi, 37, mencoba terapi lintah agar penyakit gulanya bisa sembuh. Pertama dia geli dan takut mencoba terapi lintah tersebut. Tapi setelah terbiasa, tubuh terasa ringan dan luka di ujung ibu jari kakinya jadi 
mengering.

Nurhayati, pemilik Pengobatan Alternatif Tongkat Minang di Jalan Khatib Sulaiman No 8 A Kota Padang menyebutkan, meskipun jijik dengan lintah, namun sebetulnya lintah membantu manusia.

Dia menjelaskan, di dalam air liur lintah mengandung 15 unsur zat aktif putih telur hirudin bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah serta menjadi antibiotik.

Dia memaparkan cara kerja terapi lintah dengan menempatkan lintah pada bagian tubuh sakit untuk diobati. Dengan menunggu kurang lebih 1, 5 jam atau sampai lintah jatuh sendiri dari bagian tubuh tersebut. “Sebagai tanda lintah telah menyedot darah kotor penyebab rasa sakit.”

Teknik pengobatan ini, membutuhkan waktu paling cepat 3 hari tergantung respons tubuh pasien. Nurhayati mematok tarif Rp 25 ribuan untuk satu lintah dengan menggunakan lintah jenis kerbau dengan ukurann sedang. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan #terapi-lintah 

Berita Terkait

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

IKLAN