Minggu, 18 November 2018 07:36 WIB
pmk

Internasional

Peran Penting Adul Selamatkan Tim Sepakbola dari Dalam Gua Thailand

Redaktur: Redjo Prahananda

Selama proses evakuasi, Adul dengan sopan menyampaikan kepada para penyelam Inggris tentang kebutuhan terbesar timnya, makanan, dan kejelasan tentang berapa lama mereka bertahan hidup. (ABC News)

INDOPOS.CO.ID - Selamat dari banjir di Gua Tham Luang menjadi anugrah tersendiri bagi anggota tim sepakbola muda dari Thailand. Selama proses evakuasi, Adul Sam On aktif berkomunikasi dengan penyelam asal Inggris.

Melansir New York Times pada Rabu, (11/7), Adul menjadi translator. Dia menjadi satu-satunya bocah dengan bahasa Inggris aktif. Bukan cuma bahasa Inggris, Adul fasih dalam bahasa Thailand, Burma, Mandarin dan Wa.

Selama proses evakuasi, Adul dengan sopan menyampaikan kebutuhan para korban di dalam gua termasuk, makanan, dan proses evakuasi mereka.

Adul bukan orang Thailand asli. Dia berasal dari sebuah kota kecil dari Myanmar. Memasuki usia 6 tahun, orangtua membawa Adul ke Thailand, dengan harapan sang buah hati bisa mendapatkan sekolah layak akan memberi kehidupan lebih baik daripada keluarga buta huruf dan miskin.

Dengan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan penyelam Inggris pada 2 Juli, Adul sangat penting dalam menjamin keamanan Wild Boars. Adul bersekolah di Ban Wiang Phan di Mae Sai. Dia siswa terbaik di kelas. Catatan akademis dan kecakapan olahraga membuat dia mendapatkan beasiswa dan makan siang setiap hari.

Dalam upaya penyelamatan tim sepakbola dalam gua memakan satu korban, Saman Gunan, 38 tahun. Mendiang Saman mantan anggota Angkatan Laut Thailand meninggal karena kekurangan oksigen sewaktu menyelam. (jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pelajar-thailand-hilang-di-gua 

Berita Terkait

IKLAN