Rabu, 14 November 2018 06:35 WIB
pmk

Piala Dunia 2018

Les Bleus Sedikit Misterius

Redaktur:

Penyerang Timnas Prancis, Antoine Griezmann.

Timnas Prancis beristirahat total setelah mengalahkan Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018 di Saint Petersburg, Rabu (11/7). Mereka balik ke markas mereka di Hotel Hilton Garden Inn, Moskow. Setelah sehari tanpa aktivitas, Les Bleus –julukan timnas Prancis—kembali berlatih Kamis petang waktu setempat (12/7).

---

INDOPOS.CO.ID - Latihan diagendakan pukul 17.00 waktu setempat. Bus pemain Prancis tiba di Glebovets Stadium 20 menit lebih awal. Rombongan Hugo Lloris dkk dikawal ekstraketat dengan empat mobil polisi dan dua kendaraan ofisial.

Begitu turun dari bus, para pemain memasuki ruang rehabilitasi kebugaran. Beberapa pemain mendapatkan terapi massage. Sekitar pukul 17.10, latihan dimulai. Para pemain melakukan pemanasan sendiri-sendiri. Setelah itu, joging keliling lapangan dalam dua kelompok. Masing-masing ditemani pelatih fisik.

Yang bikin penasaran, tidak ada beberapa nama pemain langganan starter. Di antaranya, kiper Lloris, trio defender Benyamin Pavard, Samuel Umtiti, dan Raphael Varane, serta dua penyerang Kylian Mbappe dan Olivier Giroud. Di barisan pemain inti Prancis, hanya lima penggawa yang muncul di lapangan. Yakni, Antoine Griezmann, Paul Pogba, Blaise Matuidi, N’Golo Kante, dan Lucas Hernandez.

Lima pemain inti itu hanya berlari-lari kecil keliling lapangan. Setelah itu, mereka duduk-duduk santai di pinggir lapangan. Sementara itu, 12 pemain cadangan yang lain berlatih lebih keras. Setelah berlari beberapa lap, mereka latihan passing lalu dilanjutkan dengan berlatih game separo lapangan. Sesi itu dipimpin pelatih Didier Deschamps.                

Setelah 20 menit berlalu, Lloris keluar dari ruang kebugaran. Kapten sekaligus kiper utama Prancis itu bergabung dengan teman-temannya yang lain. Yang masih menjadi tanda tanya adalah keberadaan Umtiti, Mbappe, Giroud, Varane, dan Pavard. Media officer timnas Prancis tidak memberikan keterangan apa pun terkait hal itu.

Setelah latihan berjalan sekitar satu jam, Mbappe akhirnya nongol. Diikuti oleh Varane dan Umtiti. Namun, mereka tidak ikut berlatih. Mbappe dan Varane melanjutkan terapi di pinggir lapangan. Keduanya didampingi masing-masing seorang fisioterapis. Sementara itu, Umtiti hanya melihat latihan dari kejauhan.

Hingga akhir latihan, yang tidak kelihatan adalah Pavard dan Giroud. Padahal, keduanya selalu menjadi pilihan utama Deschamps sepanjang Piala Dunia 2018. Pavard mencetak gol indah ke gawang Argentina di babak 16 besar.

Yang tak kalah jadi pertanyaan adalah kondisi gelandang Blaise Matuidi. Dia berbenturan sangat keras dengan kapten Belgia Eden Hazard pada semifinal. Hazard tidak apa-apa. Tapi Matuidi mengkhawatirkan. Dia kesulitan untuk sekadar duduk. Setelah mendapatkan perawatan selama 15 detik di pinggir lapangan, Matuidi kembali bermain. Namun, belum semenit di lapangan, Matuidi kembali terkapar. Kali ini dia tidak tidak kuat lagi melanjutkan pertandingan dan harus ditarik keluar.

Kamis lalu, Matuidi sudah ikut latihan. Dia didampingi pelatih fisik. Namun dia tidak ikut latihan yang berat-berat. Hanya peregangan dan joging keliling lapangan. Dia menyelesaikan beberapa lap bersama Grizmann, Pogba, Kante, dan Hernandez. Setelah itu, ketika empat pemain yang lain istirahat, Matuidi kembali berlari. Dia mengelilingi lapangan beberapa kali. Kali ini didampingi oleh Lloris.

Sekilas, Matuidi dalam kondisi fit. Tidak terlihat kesakitan. Padahal, melihat kerasnya benturan dengan Hazard, dikhawatirkan Matuidi mengalami luka di bagian dalam. Apalagi, dia tertangkap kamera tidak bisa minum dengan sempurna ketika berjalan meninggalkan lapangan. Wajahnya tanpa ekspresi. Air dari botol yang dipegang Matuidi keluar tanpa mengenai mulutnya. Gambar itu viral dan menjadi perbincangan di dunia maya.

Setelah mengalahkan Belgia, Deschamps mengatakan sangat bangga dengan para pemainnya. Dia menilai skuad Les Bleus yang ada sekarang memiliki mental bermain yang tangguh. Dengan rata-rata usia 25 tahun 6 bulan, timnas Prancis adalah tim termuda kedua di Piala Dunia 2018.

''Kami tidak melakukan semuanya dengan benar. Tapi, ada kemajuan. Saya sangat bangga dengan mereka,'' kata Deschamps. ''Dengan pola pikir yang sama, kami bisa mencapai puncak gunung. Dan, itulah yang kami terima sekarang,'' ujar kapten Prancis saat menjadi juara Piala Dunia 1998 itu. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-prancis #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN