Senin, 19 November 2018 09:36 WIB
pmk

Kesehatan

7 Tips Olahraga untuk Si Pemalas

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Semua orang sudah tahu manfaat olahraga. Hanya saja, sedikit orang mau berolahraga rutin. Banyak alasan sampai membuat orang kurang olahraga, antara lain karena malas.

Sayang sekali kalau Anda melewatkan hari tanpa berolahraga. Menurut para ahli, aktivitas fisik selama 150 menit per-pekan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik serta jiwa. Metabolisme akan lancar, begitu juga dengan pikiran dan mood Anda.

Bila belum  terbiasa berolahraga, Anda tidak perlu terlalu ambisius dalam memulai aktivitas ini. Langsung melakukan olahraga berat untuk mencapai 150 menit per-pekan cuma membuat Anda jatuh ke lubang  sama: kemalasan.

Sebagai permulaan, lakukan kegiatan sederhana dan tampak mudah terlebih dulu. Lama-lama Anda bisa meningkatkan frekuensi dan intensitas kegiatan mencari keringat.

Bagi Anda seorang pemalas, olahraga mungkin adalah kata  paling mengerikan di dunia ini. Anda tentu sudah sering mendengar tips dan trik tentang olahraga, tapi apa daya, itu semua cuma bayang-bayang  karena Anda terlalu malas.

Tapi jangan cemas. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk lebih bergerak aktif, seperti naik tangga ketimbang lift, berjalan kaki ke supermarket dekat rumah.

Jangan terlalu mengikuti rasa malas Anda sebagai alasan untuk tidak bergerak sama sekali. Ayo, angkat pantat Anda dan bergeraklah meski hanya kecil-kecilan, siapa tahu dari hal kecil ini Anda bisa jadi lebih berdedikasi untuk benar-benar berolahraga.

Dilansir berbagai sumber, berikut cara agar Anda bisa mendapatkan kebugaran tanpa merasa susah payah:

1. Naik tangga. KLau Anda kerja di gedung bertingkat, misalnya, cobalah naik tangga ketimbang lift untuk mencapai kantor. Apalagi kalau lantai tempat Anda bekerja tidak terlalu tinggi.

2. Jalan kaki. Anda terbiasa ke mana-mana naik mobil atau motor? Mulai sekarang, gunakan kaki Anda untuk melangkah ke tempat tujuan. Mungkin bakal terasa aneh, tapi ini cara paling mudah untuk membuat Anda bergerak.

3. Tidak duduk berlama-lama. Tahu, kan, kalau sitting is the new smoking?  Jangan duduk di depan laptop terus. Angkat pantat Anda dari kursi setiap setengah jam sekali dan keluarlah berjalan-jalan (meski itu hanya ke toilet atau dapur untuk bikin kopi).

4. Sit-up & push-up. Ya, coba lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up setiap harinya. Karena menggerakkan tubuh sedikit saja lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan? Kalau Anda sudah terbiasa, bisa Anda tingkatkan menjadi 20 kali.

5. Setel musik dan coba lari-lari kecil. Bagi orang pemalas, berlari selama setengah jam mungkin akan terasa seperti di neraka 10 tahun. Jangan repot-repot, Anda bisa memasang satu lagu kesukaan Anda lalu cobalah lari-lari kecil sepanjang alunan musik. Lakukan dengan sepenuh hati dan tahu-tahu 3-5 menit sudah berlalu begitu saja.

6. Gerakkan tubuh di sela iklan TV. Orang pemalas pastinya suka nonton TV. Kenapa tidak menggabungkan dengan olahraga? Kalau acara favorit Anda sedang dijeda iklan, mari gunakan waktu tersebut untuk bergerak.

Misal: burpee, skipping, squat, atau melompat-lompat bersama anjing peliharaan Anda. Selain bagus untuk diri Anda, juga melatih anjing untuk lebih aktif.

7. Bercinta. Setuju, kan, kalau seks adalah salah satu jenis aktivitas fisik menyenangkan? Penelitian di Universitas Quebec, Kanada, menunjukkan  bercinta bisa sama efektif dalam membakar energi dengan olahraga intensitas sedang. Wanita bahkan bisa membakar sebanyak 90 kalori saat berhubungan intim!

Bagi Anda seorang pemalas, olahraga mungkin adalah kata  paling mengerikan di dunia ini. Anda tentu sudah sering mendengar tips dan trik tentang olahraga, tapi apa daya, itu semua cuma bayang-bayang  karena Anda terlalu malas.

Tapi jangan cemas. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk lebih bergerak aktif, seperti naik tangga ketimbang lift, berjalan kaki ke supermarket dekat rumah, dan sebagainya.

Intinya, jangan terlalu mengagungkan kemalasan Anda sebagai alasan untuk tidak bergerak sama sekali. Ayo, angkat pantat Anda dan bergeraklah meski hanya kecil-kecilan, siapa tahu dari hal kecil ini Anda bisa jadi lebih berdedikasi untuk benar-benar berolahraga. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Bayi Prematur Juga Bisa Tumbuh Optimal

Internasional

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

IKLAN