Senin, 17 Desember 2018 03:08 WIB

Kesehatan

Awas! Sampo Banyak Busa Bisa Picu Radang Kulit Kepala

Redaktur:

Ilutrasi. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Kualitas sampo tak bisa diukur dari jumlah busa yang dihasilkan dan aroma yang harum. Menurut penelitian, berbagai produk sampo sering mengandung banyak sulfat yang tidak baik untuk kesehatan kulit kepala.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (14/7) banyak produk sampo mengandung sodium lauryl sulphate, deterjen yang dikenal untuk menghilangkan minyak pada rambut. Sampo berbahan sulfat sering membuat rambut rontok. Rambut menyimpan minyak esensial alami yang penting untuk menjaga agar tetap sehat dan terhidrasi.

Sulfat juga mengandung 1,4 diooxane, karsinogen yang tidak sesuai untuk bahan sampo. Temuan ini masih butuh penelitian lanjutan. Para ilmuwan sedang menguji lebih jauh tentang pengaruh penggunaan sulfat pada kulit. Sulfat memang ampuh untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak, tetapi mereka justru membuat kulit kepala Anda menjadi kering.

Untuk mengantisipasi kerusakan kulit kepala, gunakan sampo yang lebih ringan dan bebas sulfat. Berikut ini alasan kenapa Anda harus menyingkirkan sampo dengan kandungan sulfat tinggi

1. Mengurangi Iritasi Kulit Kepala dan Peradangan
Jika kulit Anda super sensitif, maka Anda harus hati-hati memilih pruduk yang tepat. Kulit kepala Anda mungkin mengalami peradangan dari sampo yang mengandung sulfat. Ini bisa menyebabkan iritasi gatal dan rasa sakit tak tertahankan. Untuk menghindari semua ancaman ini, pilih sampo bebas sulfat.

2. Menjaga Kelembaban Rambut
Secara alami, kulit kepala menghasilkan minyak sendiri. Membantu menjaga kelembaban rambut Anda. Sementara sampo dengan kandungan sulfat justru melunturkan minyak alami yang bermanfaat itu.

3. Mempertahankan Warna Rambut
Orang-orang dengan rambut berwarna sering kehilangan warna rambut setelah keramas lebih dari satu kali. Itulah kondisi yang diakibatkan sulfat, yakni menghilangkan pigmentasi rambut Anda. Sebaliknya, gunakan sampo bebas sulfat . Sampo seperti itu membersihkan rambut tanpa merusak minyak alami dan pigmen rambut.

Menggunakan sampo bebas sulfat adalah satu-satunya cara efektif untuk mempertahankan warna rambut dalam jangka waktu lama.

4. Mencegah Kulit Kepala dari Bahan Berbahaya
Penelitian telah menemukan bahwa sulfat dari sampo dapat merusak fungsi hati dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada manusia. Terkadang sampo jenis ini juga memiliki efek panas saat diaplikasikan ke kulit kepala. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Ini Penyebab Anda Mudah Marah saat Kurang Tidur

Kesehatan

Ini Standar ASI untuk Bayi Prematur

Jakarta Raya

Caleg Fogging Ratusan Rumah Warga

Politik

Suka Sulit Bernafas, Waspada PPOK

Jakarta Raya

Perangi ”Helikopter” dengan WC Komunal

Megapolitan

Jangan "Coba-Coba" Sebelum Menikah

Jakarta Raya

IKLAN