Rabu, 26 September 2018 02:05 WIB
pmk

Kesehatan

Jangan Anggap Sepele Saat Menguap Berlebihan, Bisa Jadi Tanda Penyakit!

Redaktur:

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Apa yang dilakukan saat tubuh merasa lelah dan mulai mengantuk? Jawabannya adalah menguap. Menguap adalah kebiasaan umum yang dilakukan semua orang. Akan tetapi, ternyata menguap berlebihan juga perlu dipandang serius.

Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional dr. Mursyid Bustami, SpS (K), KIC, MARS, menjelaskan menguap adalah gerakan involunter yang dikendalikan oleh otak. Menguap terjadi pada kondisi mengantuk, bosan, kelelahan otak maupun fisik.

“Dengan menguap diasumsikan dapat mendinginkan otak dengan mempengaruhi thermoregulasi di otak,” katanya, Kamis (5/7).

Mursyid membenarkan jika menguap yang berlebihan bisa jadi menandakan adanya penyakit. Karena itu saat seseorang menguap berlebihan agar jangan dipandang sepele.

“Bisa menjadi tanda penyakit seperti epilepsi, stroke, tumor otak atau sklerosis multipel. Atau penyakit di luar otak seperti sirosis hati,” papar Mursyid.

Akan tetapi, lanjutnya, menguap hanya menjadi tanda sebagian kecil akibat penyakit. Sebab kebanyakan menguap adalah proses fisiologis tubuh saja. Sehingga bukan sesuatu hal yang pasti.

Lalu berapa banyak atau berapa sering seseorang idealnya menguap dalam satu hari? Mursyid menjawab belum ada batasan yang pasti berapa kali menguap dianggap sudah tidak normal. Kalaupun ada penyakit, sering menguap hanya sebagai salah satu pertanda penyakit saja.

“Itu hanya menjadi salah satu pertanda, jadi perlu pembuktian lain,” tutupnya. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Tren Diet Keto di Kalangan Millenial

Kesehatan

Lawan Stigma dengan Lari Marathon

Lifestyle

Sunglasses Tangkal Katarak Dini

Kesehatan

Seksi Sixpack Tanpa Sit Up

Kesehatan

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

IKLAN