Rabu, 26 September 2018 04:14 WIB
pmk

Banten Raya

Tahun Ajaran Baru Tanpa Ospek di SMAN I Rangkasbitung

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID- Hari pertama tahun ajaran baru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Lebak, Banten, dilakukan upacara bendera yang diikuti oleh para murid dan orangtua siswa, serta pengenalan guru dan tata tertib sekolah.

"Hari pertama tahun ajaran baru dilakukan kegiatan upacara pembukaan pengenalan lingkungan dan perkenalan dengan guru, termasuk pengenalan dan tata tertib sekolah," terang Iva Havidania S.Pd.MPd Kepala Sekolah SMAN I Rangkasbitung kepada INDOPOS,Senin (16/7)

Menurut dia, penerimaan siswa baru saat ini sudah tidak ada lagi Orientasi Pengenalan Sekolah (Ospek) atau Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang dilakukan para senior siswa di sekolah tersebut kepada juniornya. Hal ini sejalan dengan peraturan dan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan himbauan dari KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), karena Ospek atau MOS dikuatirkan dapat membahayakan siswa baru.

"Masa orientasi ini dilakukan oleh pihak guru, sementara siswa senior tidak diperkenankan melakukan orientasi," cetusnya.

Dia mengatakan, khusus penerimaan siswa du SMAN I Rangkasbitung tidak lagi menggunakan sistem Opspek dengan mengedepankan sistem senioritas. "Jadi betul-betul tidak ada kekerasan fisik, kalau pun ada permainan sebagai selingan, itu adalah permainan yang bersifat mendidik," pungkasnya.

Jimmy,salah seorang wali murid yang ikut upacara pengenalan lingkungan SMAN I Rangkasbitung, mengapresiasi kebijakan kepala sekolah yang meniadakan Ospek dari senior kepada junior, untuk menghindari terjadinya perploncoan dan bullying dari senior kepada murid baru.”Kita apresiasi kebijakan kepsek SMAN I Rangkasbitung yang meniadakan Ospek," ujar Jimmy.(yas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pendidikan 

Berita Terkait

Prancis Bebas Gawai di Tahun Ajaran Baru

Internasional

WH Gandeng Ansor di Pendidikan Gratis

Banten Raya

Berbagi Petualangan Lewat Buku

Lifestyle

Ashanty Lulus Cumlaude

Indotainment

IKLAN