Kamis, 20 September 2018 05:55 WIB
pmk

Kesehatan

Berolahraga Sesuai Kemampuan Tubuh

Redaktur:

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Gerakan yang mudah dan menyenangkan, membuat zumba jadi salah satu olahraga yang digemari. Tak hanya itu, olahraga asal Amerika Latin tersebut juga mampu mengurangi berat badan, jika dilakukan secara rutin.

Namun, dari beberapa literatur menyatakan, tak semua orang bisa melakukan zumba, apalagi jika Anda punya masalah di bagian tulang belakang dan daerah lutut. Sebab, banyak gerakan zumba yang memerlukan tumpuan dua bagian tersebut.

“Memang benar, kalau punya riwayat penyakit atau masalah di bagian tulang belakang atau lutut, tak disarankan melakukan aktivitas berat. Supaya gangguan tersebut tidak semakin parah,” tutur zumba instructor network (ZIN) di Majesty Club Samarinda, Yoeni Farlina saat diwawancarai pada Kamis (5/7).

Namun, sambung dia, kekuatan fisik orang berbeda-beda, sehingga saat mencoba zumba tidak terjadi apa-apa. Hal tersebut dialami oleh Yoeni sendiri, dulu dia mengalami kecelakaan yang membuat lutut kanannya cedera. Tapi, sampai saat ini dia masih bisa berlatih zumba dan mencoba olahraga lainnya.

“Kembali kepada kemampuan masing-masing, karena kekuatan dan umur juga berbeda-beda. Makanya, setiap kali latihan zumba, saya selalu berkonsultasi dengan anggota, tanya riwayat penyakit. Supaya gerakan yang diberikan kepada member bisa menyesuaikan kemampuan,” jelas perempuan berambut pendek tersebut.

Untuk menghindari cedera, sambung Yoeni, disarankan agar selalu menerapkan teknik yang benar dengan pengawasan instruktur. Walau terdengar sepele tapi sangat berpengaruh untuk kesehatan Anda.

“Saat ini, program zumba telah berkembang, terbaru ada yang namanya strong by zumba. Yaitu zumba yang fokusnya untuk pembentukan tubuh dengan tiga tingkatan, yakni low, basic, high. Nah, bagi pemula atau yang punya masalah di bagian tubuh tertentu, bisa mencoba gerakan di lever lowdulu,” pungkasnya. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #zumba #kesehatan #olahraga 

Berita Terkait

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

Lasik, Tindakan Cepat Persiapan Lama

Kesehatan

Mengetahui Manfaat Daun Kelor

Kesehatan

IKLAN