Jumat, 21 September 2018 01:38 WIB
pmk

Indobisnis

BNI Biayai Tol Pertama Sulawesi Utara

Redaktur: Ali Rahman

INDOPOS.CO.ID - PT BNI (Persero) Tb.membiayai proyek jalan tol pertama di Sulawesi Utara yang hak pengelolaannya dipegang PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) yang merupakan perusahaan milik tiga BUMN, yaitu PT Jasa Marga, PT Wijaya Karya, dan PT Pembangunan Perumahan.

General Manager Divisi BUMN & Institusi Pemerintah (BIN) BNI, A.A.G. Agung Dharmawan mengatakan, pengerjaan proyek jalan tol ruas Manado menuju Bitung, mendapatkan tambahan fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) Dana Talangan Tanah (DTT) sebesar maksimum Rp 623,56 miliar.

"Kucuran KMK DTT dari BNI tersebut menambahkan fasilitas serupa yang telah diberikan sebelumnya pada 2017, bersama-sama dengan perusahaan anak BNI, dengan maksimum awal sebesar Rp 816 miliar," ujar Agung kepada INDOPOS di Jakarta, Selasa (17/7).

Untuk lebih mendukung proses pengerjaan jalan tol itu, BNI dan PT JMB menandatangani perjanjian kredit tambahan untuk fasilitas KMK DTT di Jakarta. Hadir pula pada kesempatan itu Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George IMP Manurung.

Ruas tol sepanjang 39,9 kilometer (km) itu memiliki masa konsesi selama 40 tahun. Porsi BNI dalam pembiayaan sindikasi Kredit Investasi (KI) ini sebesar Rp 652 miliar atau setara 18,2 persen dari porsi sindikasi perbankan yang mencapai Rp 3,59 triliun.      

Agung menuturkan, BNI menambahkan Fasilitas KMK DTT untuk proyek tersebut sebesar Rp 623 miliar, sehingga angka keseluruhannya menjadi Rp 992 miliar. Apabila ditambahkan dengan fasilitas Kredit Investasi dari BNI, PT JMB mendapatkan total fasilitas sebesar Rp 1,6 triliun.

Total nilai investasi dari jalan tol ini mencapai Rp 5,12 triliun dan dibiayai secara sindikasi berupa KI dari perbankan termasuk BNI sebesar Rp 3,59 triliun atau 70 persen dari project cost.

"Tidak hanya kepada Jasamarga Manado Bitung, BNI juga turut memenuhi kebutuhan pembiayaan dari Jasa Marga Group secara keseluruhan. Dalam upaya mendukung pembiayaan infrastruktur di Indonesia, BNI telah menyiapkan tambahan fasilitas hingga Rp 6 triliun," tuturnya.

Sejalan dengan program pemerintah yang sangat memperhatikan pembangunan infrastruktur di area luar Jawa, termasuk Pulau Sulawesi. Diharapkan, jalan tol ruas Manado-Bitung ini dapat meningkatkan akses bagi masyarakat Indonesia secara luas. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bank-bni #jalan-tol-di-sulut #aag-agung-dharmawan 

Berita Terkait

BNI Bantu Peningkatan Ekspor

Indobisnis

Dukung Ekspor, BNI Salurkan Kredit di Hong Kong

Ekonomi

Petani Garam NTT Terima KUR

Nusantara

Ini Cara BNI Bantu Korban Gempa Lombok

Nusantara

BNI Kucurkan Kredit untuk Perusahaan di Amerika

Indobisnis

IKLAN