Kamis, 15 November 2018 09:25 WIB
pmk

Kesehatan

Ini Manfaat Sarapan untuk Kesehatan

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Salah satu manfaat sarapan adalah sebagai sumber energi. Layaknya mobil, Anda butuh juga ‘bahan bakar’ untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong.

Ini menjadi alasan mengapa sarapan sangat penting untuk memulai hari Anda.

Orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi, lebih mungkin mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol.

Sedangkan sarapan sehat yang dilakukan secara rutin oleh anak-anak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka, menjaga berat badan yang sehat, berkonsentrasi lebih baik serta membuat anak jarang absen di sekolah.

Temuan terbaru mengungkapkan bahwa 26,7 persen orang yang melewatkan sarapan mengalami obesitas, dibandingkan dengan 10,9 persen dari mereka yang sering sarapan.

Bahkan, studi ini juga menemukan bahwa mereka yang melewatkan sarapan mereka memiliki pinggang rata-rata 97,5 cm, 9,8 cm lebih besar daripada mereka yang sarapan lima hingga tujuh kali seminggu, bahkan ketika usia, jenis kelamin dan massa tubuh dipertimbangkan.

"Konsumsi sarapan yang jarang dikaitkan dengan indeks obesitas sentral dan kenaikan berat badan, dengan asosiasi ini menjadi lebih jelas pada individu yang tidak pernah sarapan," kata peneliti yang dipimpin Kevin Smith dari Mayo Clinic di AS, seperti dilansir laman India Times, Rabu (26/7).

"Temuan kami pada orang dewasa yang sehat konsisten dengan pengamatan sebelumnya pada orang muda, menguatkan konsep bahwa konsumsi teratur makanan ini merupakan kontributor penting dan independen dari berat badan sehat pada semua usia," jelas Smith.

Orang-orang yang sarapan cenderung memiliki tingkat penyakit jantung, tekanan darah dan kolesterol tinggi yang lebih rendah, hal ini menurut lapor the American hearth association.

Memulai hari Anda tanpa makanan bisa menyebabkan penurunan energi, kinerja / output Anda, kelelahan dan perubahan suasana hati.

Setelah semua, otak Anda menggunakan hingga 20 persen energi dari makanan yang Anda konsumsi di siang hari.

Melewatkan sarapan juga bisa memicu 'sindrom metabolik'. Ini pada dasarnya berarti bahwa tubuh Anda cenderung menumpuk lemak saat kelaparan selama jangka waktu tertentu sebagai antisipasi bahwa mungkin tidak ada lagi makanan yang masuk ke dalam sistem.

Jika Anda ingin melewatkan waktu makan untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk melewatkan makan siang atau makan malam alih-alih sarapan, membakar lebih banyak kalori dan untuk menghindari menghambat metabolisme Anda.

Penelitian lain baru-baru ini yang dilakukan oleh Universitas Hohenhiem di Jerman menemukan bahwa melewatkan sarapan meningkatkan peradangan penanda dan resistensi insulin, yang merupakan prekursor obesitas dan diabetes.

Studi ini mengungkapkan bahwa kalori yang dibakar saat melewatkan makan malam lebih besar dari melewatkan sarapan dalam hal apapun dan memiliki dampak yang lebih rendah terhadap parameter kesehatan lainnya.

Metabolisme dan kontrol gula darah lebih baik di pagi hari, membuatnya lebih bermanfaat untuk makan lebih awal di siang hari dan lebih rendah di setengah hari berikutnya, jika Anda ingin melewatkan makan.(jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #manfaat-sarapan 

Berita Terkait

IKLAN